5 Tingkat Kematangan Telur Rebus dan Cara Bikin Tekstur Creamy

ERA.id - Telur rebus sering dipilih sebagai lauk atau pelengkap makanan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Telur rebus juga kerap menjadi makanan alternatif pengganti sarapan. Cara memasaknya yang mudah dan nggak ribet, membuat banyak orang memilih mengkonsumsi telur rebus.

Telur rebus juga selalu ada dalam menu wajib program kesehatan dan kebugaran tubuh, yakni diet atau body workout. Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, maka disarankan untuk mengonsumsi telur rebus. Kandungan protein yang terdapat dalam telur rebus juga mendorong peningkatan massa otot.

Sayangnya telur rebus bukanlah makanan yang tahan lama. Telur rebus lebih cepat rusak dibandingkan telur segar. Sebua penelitian mengungkapkan bahwa telur rebus dapat bertahan selama 1 minggu jika disimpan di lemari pendingin. Biasanya, telur rebus juga mempunyai tingkat kematangan yang berbeda-beda.

Tingkat Kematangan Telur Rebus

Telur rebus matang sempurna (Freepik/jcomp)

Tingkat kematangan telur rebus dapat berbeda-beda tergantung durasi perebusan da suhu air. Setiap orang biasanya punya selera berbeda-beda pada kematangan telur rebus. Berikut beberapa tingkat kematangan telur rebus.

Seperempat Matang

Tingkat paling awal adalah seperempat matang. Pada tingkat kematangan ini, tekstur kuning telur masih berair. Butuh selama kira-kira 2 menit untuk mendapatkan telur rebus seperempat matang.

Seperempat Matang Berair Sedikit

Ketika telur direbus selama 4 menit, akan menghasilkan telur seperempat matang dengan sedikit berair. Pada tingkat ini, lelehan kuning telur sedikit berair dan putih telur bertekstur lembut.

Setengah Matang creamy

Setengah matang creamy cukup banyak digemari orang. Telur pada tingkat kematangan ini memiliki tekstur kuning tekur yang lembek dan creamy. Untuk menghasilkan telur ini, butuh waktu perebusan selama 6-7 menit.

Setengah Matang – Soft Boiled Egg

Pada tingkat ini, telur memiliki kuning telur yang teksturnya lebih dan belum terlalu padat. Namun pada tekstur telur lebih padat dari level creamy. Telur perlu direbus selama 8-10 menit untuk memperoleh tingkat kematangan ini.

Matang Sempurna

Telur rebus pada tingkat kematangan sempurna memiliki kuning telur dan putih telur dengan tekstur yang padat sempurna. Butuh waktu perebusan selama 12-15 menit untuk mendapatkan hasil kematangan sempurna.

Sementara itu, ada beberapa kriteria yang bisa kita jadikan patokan untuk megukur telur rebus yang baik. Kriteria tersebut, yaitu cangkang tidak gampang retak, cangkang gampang dikupas, kuning telur berada di tengah, dan tidak ada warna kebiruan di permukaan kuning telur.

Cara Membuat Telur Rebus

Di bawah ini akan disajikan cara membuat telur rebus yang paling banyak disukai, yaitu telur rebus setengah matang dan telur rebus matang sempurna.

Cara Membuat Telur Rebus Setengah Matang

Ada Langkah khusus dalam membuat telur rebus setengah matang. Cara yang dilakukan berbeda dari membuat telur rebus sempurna. Pertama, masak air sampai mendidih di dalam panic. Kecilkan api jika sudah mendidih, lalu masukan telur ke dalamnnya.

Perlu diperhatikan, durasi waktu akan menentukan tingkat tekstur telur. Jika menginginkan kuning telur yang sedikit berair maka rebus selama 3-4 menit dengan api kecil. Jika ingin kuning telur yang tidak terlalu cair maka rebus selama 6-7 menit.

Cara Membuat Telur Rebus Matang Sempurna

Langkah pertama, silakan rebus air sampai mendidih di dalam panci. Setelah mendidih, masukkan telur ke dalam air sampai terendam. Tuang 1 sdt garam atau cuka apel ke dalam rebusan telur. Tips ini berfungsi untuk mencegah pecahnya telur saat direbus dan membuat cangkang mudah dikelupas.

Durasi waktu yang diperlukan untuk menghasilkan telur rebus yang sempurna adalah selama 15 menit. Rebus dengan panci terbuka. Jika sudah mendidih, segera matikan api. Diamkan dulu telur selama 10-12 menit dengan panci tertutup. Setelah itu buang air rebusan dan guyur telur memakai air dingin.

Demikianlah ulasan tentang tingkat kematangan telur rebus. Cara membuat telur rebus setengah matang dengan telur rebus matang sempurna berbeda dalam durasi dan tambahan resep. Bagaimana, ingin memasak telur rebus setengah matang?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…