Sarapan untuk Penderita Asam Lambung yang Ramah di Perut

ERA.id - Sarapan untuk penderita asam lambung dapat menjadi momen yang penuh kekhawatiran. Hal tersebut lantaran gejala seperti rasa perih, mual, dan kembung sering kali muncul setelah menyantap makanan.

Namun, bukan berarti sarapan harus dilewatkan. Dengan pilihan makanan yang tepat, penderita asam lambung pun dapat menikmati sarapan yang lezat dan menyehatkan tanpa rasa khawatir.

Artikel ini akan membahas berbagai pilihan menu sarapan yang aman dan ramah bagi penderita asam lambung. Dilansir dari laman Very Well Health, berikut ini beberapa rekomendasi untuk Anda:

Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

  1. Telur Rebus

Ada beberapa penelitian yang saling bertentangan terkait ‘apakah telur dapat memicu gejala GERD atau tidak’. Hal ini sebagian besar tergantung pada individu, cara telur disiapkan, dan jumlah yang dimakan.

Penting untuk menghindari telur yang digoreng dengan mentega atau minyak. Telur rebus matang, rebus setengah matang, atau telur panggang adalah pilihan yang lebih baik.

Sebaiknya, menikmati telur rebus dengan secangkir teh jahe, yang membantu pencernaan lebih sehat. Untuk camilan pendukung dapat menggunakan granola bar rendah gula.

  1. Smoothie

Smoothie untuk sarapan adalah cara sempurna untuk mendapatkan nutrisi dan ledakan rasa tanpa risiko refluks asam. Anda dapat memulai dengan pisang dan buah beku pilihan Anda. Stroberi, persik, dan buah non-citrus lainnya dapat menjadi pilihan terbaik.

Selain itu, satu sendok makan selai kacang tanpa gula juga dapat memberikan protein yang cukup. Sementara itu, susu almond atau oat memberikan sentuhan krim yang pas. Anda juga bisa meningkatkan nutrisi dengan menambahkan sayuran hijau.

  1. Yogurt

Meskipun produk susu tinggi lemak sering memicu refluks, banyak orang dengan GERD dapat mentoleransi yogurt rendah lemak dan tanpa lemak. Ada juga sejumlah yogurt non-dairy yang dapat dipilih, termasuk yogurt santan dan susu almond.

Tambahkan yogurt dengan buah rendah asam seperti persik atau potongan apel dan granola untuk memulai hari Anda dengan manis.

  1. Roti Panggang Alpukat

Meskipun alpukat tinggi lemak, namun merupakan lemak baik. Buah ini tergolong rendah asam, dan memiliki tekstur yang lembut memberikan rasa mulut yang nyaman. Alpukat juga dikemas dengan antioksidan.

Anda bisa melengkapi roti panggang alpukat dengan satu telur rebus yang ditaburi keju feta rendah lemak yang dihancurkan.

  1. Orak-Arik Putih Telur

Beberapa orang dengan GERD merasa kuning telur memperburuk gejala. Tetapi kebanyakan orang baik-baik saja dengan putih telur lantaran tinggi protein dan rendah lemak.

Bagi sebagian orang kuning telur dapat memperparah asam lambung (freepik)

Untuk menghindari mentega dan minyak, makan hanya putih telur rebus. Orak-arik ringan dengan sedikit mentega atau minyak kelapa adalah pilihan lain yang masuk akal.

Anda juga bisa "mempercantik" putih telur dengan mengorak-ariknya dengan daun bawang, paprika merah, sedikit keju feta atau parmesan rendah lemak.

  1. Oatmeal Tropis

Oatmeal tidak hanya menyehatkan jantung tetapi juga menyerap asam lambung, dan menjadikannya pilihan tepat untuk mengatasi gejala GERD.

Anda dapat sarapan  oatmeal dengan rasa tropis seperti papaya dengan enzim papain yang telah disebut-sebut sebagai pengobatan alami untuk mulas dada. Padukan oatmeal dengan pisang untuk menambah rasa.

Selain sarapan untuk penderita asam lambung, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…