Apa Itu Macchiato dan Jenis-jenisnya yang Wajib Diketahui Pecinta Kopi

ERA.id - Macchiato merupakan minuman campuran espresso dan susu. Dari jenisnya sendiri, ada 2 jenis macchiato, antara lain caffé macchiato dan latte macchiato. Latte macchiato memiliki komposisi yaitu susu yang di-steam, espresso, dan foam dengan perbandingan 2:1:1. Sedangkan caffé atau kopi macchiato merupakan minuman berukuran kecil yang terdiri dari campuran espresso dan foam susu pada permukaannya. Lantas, apa itu macchiato?

Apa Itu Macchiato?

Dalam bahasa Italia, Macchiato berarti “tanda,” dengan kata lain, minuman ini merupakan minuman yang sudah mempunyai tanda atau terdapat bercak. Adapun untuk versi latte, bercak yang dimaksud adalah espresso, sedangkan untuk versi caffé, yang bermakna “kopi,” bercak tersebut adalah foam susu.

Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam. Adapun ukuran rasio ideal antara susu, espresso, dan foam yaitu 2:1:1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam meracik minuman ini adalah dengan memasukkan susu yang sudah di steam ke dalam gelas yang tinggi, selanjutnya dengan memasukkan espresso, dan terakhir dengan menambahkan foam di atasnya. Beberapa cafe menambahkan variasi menu dengan menyertakan karamel pada foam-nya.

Minuman ini pada akhirnya populer di kalangan penikmat kopi Indonesia seiring dengan menjamurnya cafe atau coffee shop dengan gaya Italia. Namun, penyajian minuman ini kerap kali tertukar dengan menu coffee latte. Masalah macchiato latte vs coffee latte ini dikarenakan oleh penggunaan bahan yang sejenis.

Padahal, perbedaan dari latte macchiato dan coffee latte dapat dilihat secara jelas dari tampilan minumannya. Macchiato akan membentuk tiga layer atau lapisan dengan espresso yang coklat pekat tepat di tengahnya, sementara latte hanya mempunyai dua layer. Ini dikarenakan oleh perbedaan urutan dalam mencampur bahan, jika susu dimasukkan lebih dulu akan tetap berada di bawah karena memiliki massa jenis yang lebih tinggi.

Caffé atau kopi macchiato merupakan campuran espresso dan foam susu pada permukaannya. Hal yang membedakannya dengan latte macchiato adalah, minuman ini memiliki ukuran yang kecil dan dapat habis dengan sekali teguk.

Minuman ini diracik untuk mengurangi rasa espresso yang terlalu pahit. Karena susu dalam bentuk foam akan menjadikan rasa pahit di awal lebih halus.

Berbeda dengan versi latte-nya, kopi macchiato merupakan minuman yang tidak banyak disajikan di kedai-kedai kopi di Indonesia. Sebaliknya, di Amerika Serikat minuman ini sangat laku keras. Hal ini tentunya dikarenakan oleh kebiasaan hidup mereka yang lebih dinamis dan dituntut cepat.

Jenis-jenis Kopi Macchiato

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, kopi macchiato terdiri dua jenis, yaitu latte macchiato dan espresso macchiato. Kandungan dalam kedua jenis minuman ini sebenarnya sama, hal yang membedakan adalah takarannya.

Espresso Macchiato

Espresso macchiato atau caffé macchiato adalah macchiato klasik yang berasal dari Italia. Espresso macchiato merupakan sebuah minuman dengan 1-2 shot espresso dengan 1-2 sendok teh steamed milk dan sedikit busa di atasnya. Jika diperhatikan, bagian busa susu tersebut memiliki bentuk lingkaran di tengah cangkir.

Latte Macchiato

Ilustrasi latte macchiato (Foto: Pixabay)

Nah, berbeda dengan espresso macchiato, latte macchiato mempunyai kandungan susu yang lebih banyak ketimbang espresso, sehingga dengan kata lain dapat dikatakan sebagai susu yang ditandai dengan espresso. Dalam penyajian latte macchiato, biasanya terdapat titik cokelat di atasnya.

Latte macchiato adalah salah satu minuman berlapis, sehingga penyajiannya pun menggunakan gelas tinggi yang berwarna transparan.

Adapun untuk menyajikan latte macchiato pun juga memiliki teknik; pertama menuangkan steamed milk ke dalam gelas, kemudian menuangkan satu atau setengah shot espresso secara perlahan di atas steamed milk. Jika dituang dengan benar, garis gradasi antara steamed milk, espresso, dan lapisan foam di bagian atasnya pasti akan terlihat jelas.

Caramel Macchiato

Jenis minuman yang satu ini bukanlah varian dari macchiato, melainkan bagian dari latte macchiato, sebab memiliki kandungan susu yang lebih banyak daripada kandungan espressonya. Caramel macchiato ini menjadi salah satu minuman yang populer bagi kebanyakan pecinta kopi. Kandungan yang ada di dalam  Caramel macchiato antara lain espresso, sirup vanilla, steamed milk, dan saus karamel. Caramel macchiato ini memiliki rasa yang cenderung manis dengan kadar kopi yang tidak terlalu banyak.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu macchiato beserta jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…