6 Rekomendasi Kombinasi Buah untuk Jus yang Enak dan Sehat

ERA.id - Mengonsumsi makanan dan minuman sehat secara teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Jus adalah satu di antara banyak minuman yang bisa dipilih. Anda bisa memilih kombinasi buah untuk jus yang sehat, tetapi rasanya tetap enak.

Kombinasi buah-buahan tertentu membuat satu porsi jus memuat lebih banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Agar pilihan kombinasinya lebih tepat, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut yang dirangkum Era.id dari berbagai sumber.

Rekomendasi Buah untuk Jus yang Sehat dan Nikmat

·         Pepaya, melon, dan nanas

Ini adalah beberapa buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Jus perpaduan buah-buah tersebut baik untuk membantu kesehatan pencernaan. Pepaya dan nanas kaya akan enzim proteolitik.

Kombinasi kedua buah tersebut baik dikonsumsi setelah makan makanan berat sebab membantu pemrosesan protein. Selain itu, pepaya meredakan sembelit. Jus dari percampuran ketiga buah ini mengandung vitamin C, beta karoten, dan bioflavonoid yang tinggi.

·         Pepaya dan alpukat

Selain mengandung banyak vitamin, pepaya manis bisa menggantikan peran gula dalam jus. Kemudian, alpukat termasuk makanan super karena mangandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B-6, vitamin B-5, dan vitamin E, kalium, dan asam oleat yang mampu menurunkan tekanan darah serta membantu mengatasi stres jantung.

Konsumsi alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Sementara, pepaya memberikan antioksidan lycopene. Pepaya juga mengandung karotenoid yang membantu melawan radikal bebas, meningkatkan kesehatan jantung, baik untuk warna kulit, dan mencegah penyakit kanker.

·         Beberapa jenis beri

Berbagai jenis buah beri untuk dijadikan jus (pixabay)

Salah satu tips untuk membuat jus dari beberapa jenis buah adalah mencampurkan berbagai jenis buah beri. Selain sehat dan aman, keuntungan dari hal ini adalah rasa yang enak. Beberapa beri yang bisa dipertimbangkan untuk dicampurkan adalah raspberry, blueberry, blackberry, strawberry, boysenberry, dan cranberry.

·         Mangga dan stroberi

Perpaduan mangga dengan stroberi menghasilkan jus yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Stroberi mangandung vitamin B-1, vitamin B-2, vitamin B-3, vitamin B-6, vitamin K, vitamin A, dan vitamin E yang tinggi.

Sementara, buah mangga kaya akan kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B-6, vitamin K, kalsium, dan zat besi. Kemudian, baik mangga maupun stroberi mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

·         Belimbing dan stroberi

Belimbing termasuk buah yang sangat rendah kalori. Untuk diketahui, 100 ml sari buah belimbing mampu memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian Anda. Buah belimbing juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium untuk menurunkan tekanan darah.

Sayangnya, buah belimbing kurang diminati karena asam. Jadi, Anda bisa mencampurkan 2 buah belimbing dengan 1 mangkok stroberi. Stroberi tidak hanya memberikan rasa manis, tetapi juga meningkatkan kandungan antioksidan dan komponen poliphelonic yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

        ·         Grapefruit, tomat, dan semangka

Menurut American Cancer Society, ketiga buah ini mengandung likopen yang tinggi dan telah terbukti punya manfaat pencegahan dan pengobatan penyakit perut, kanker, kanker prostat, penyakit paru-paru, dan gangguan kulit kandung kemih.

Itulah berbagai kombinasi buah untuk jus yang bisa Anda coba. Selain mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, kombinasi-kombinasi tersebut menghasilkan rasa yang enak.