Kenali Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat Sebelum Membelinya

ERA.id - Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih hewan kurban untuk Iduladha adalah kesehatannya. Anda perlu tahu ciri-ciri hewan kurban yang sehat agar tidak salah pilih.

Hewan kurban haruslah hewan ternak, seperti kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Dikutip Era.id dari situs web resmi Baznas, inilah beberapa tips memilih hewan kurban.

Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Ada beberapa ciri yang bisa digunakan patokan untuk mengetahui kesehatan hewan kurban. Berikut ini adalah rinciannya.

·         Bulu bersih dan mengilap

·         Muka cerah

·         Gemuk dan lincah

·         Nafsu makan baik

·         Lubang kumlah bersih dan normal

·         Tubuh tidak demam (suhu normal 37 derajat Celcius)

·         Tidak kurus

Dilansir Sumeks, Kadis Perkebunan dan Peternakan Banyuasin, Edil Fitriadi, menjabarkan beberapa ciri hewan kurban yang sehat. Ciri-ciri tersebut adalah mata merah, bulu mengilap, aktif (tidak lesu), feses normal (tidak mencret), nafsu makan baik, kencing normal, tidak demam, dan hidung basa.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban (antaranews)

‘’Kita imbau pedagang hewan kurban agar menjual hewan kurban baik yang sudah memenuhi persyaratan hewan kurban, sehat dan sudah cukup umur, ” Edil.

Masih terkait dengan kesehatan, salah satu hal yang bisa menjadi bukti bahwa hewan kurban sehat adalah Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Anda bisa menanyakan SKKH saat mau membeli hewan kurban.

Kemudian, ada beberapa ciri fisik yang mudah dilihat untuk mengetahui kesehatan dari hewan kurban. Berikut ini adalah rinciannya.

·         Hewan tidak buta

·         Kaki tidak pincang

·         Telinga tidak rusak (kecuali bekas eartag atau penanda lainnya, berdasarkan kesepakatan ulama dianggap sehat dan sah)

·         Jantan yang tidak dikebiri

·         Testis lengkap (2 buah), bentuk dan letaknya simetris

Umur Hewan Kurban

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan hewan kurban adalah usia dari hewan tersebut. Masing-masing hewan memiliki syarat usia yang tidak sama.

Batas minimal usia bagi kambing dan domba 1 tahun dengan tanda berupa tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sementara, batas usia minimal sapi dan kerbau adalah 2 tahun dengan tanda berupa tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Masyarakat dianjurkan memilih hewan jantan supaya hewan betina tetapi bisa menjaga populasi. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang wajib.