Buka Safari Natal AMIN, Anies Baswedan Bicara soal Kerukunan Umat Beragama

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan menghadiri acara makan malam dan pembukaan Safari Natal AMIN (Anies-Muhaimin) bertajuk Christmas Dinner di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Anies menyinggung soal kerukunan beragama di Jakarta yang masih tetap terjaga sejak dia menjabat sebagai gubernur DKI hingga kini sudah lengser.

"Saya ingin menyampaikan rasa syukur bahwa kita tinggal di Jakarta, karena semua yang hadir di sini dalam suasana ketenangan dan keteduhan, yang mudah-mudahan terus bisa jaga, bukan hanya di ujung dan di akhir tahun, tapi sepanjang tahun di tahun-tahun yang akan datang," kata Anies.

Menurutnya, bukan pekerjaan yang mudah menjaga kerukunan umat beragama selama lima tahun dia menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Tapi dia beruntung banyak dibantu oleh tokoh-tokoh agama yang cakap, salah satunya yaitu Pendeta Shepard Supit yang juga Ketua Pengarah Safari Natal AMIN.

Dia juga menyinggung tak banyak pihak yang menyoroti kinerjanya dalan menjaga kerukunan umat beragama. Namun hal itu sangat wajar, sebab urusan menjaga banyak dipandang kurang heroik.

"Kita melewati berbagai macam lika liku tantangan ketika menjaga kerukunan antar umat beragama di Jakarta. Kita semua tahu, merawat, menjaga itu sesuatu yang tidak heroik," Kata Anies.

"Kalau memadamkan itu kelihatan heroik, kalau memadamkan itu kelihatan heroik. Ada api datang, memadamkan, wah itu luar biasa. Tapi mencegah, tidak memunculkan api itu enggak kelihatan heroik," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia juga mengapresiasi sikap masyarakat di Jakarta yang tak mudah termakan informasi salah atau hoaks terkait isu-isu agama.

Menurutnya, di era media sosial seperti saat ini, semua pihak harus pandai memilah-milah informasi. Terlebih di daerah yang memiliki keberagaman suku, ras dan agama seperti Jakarta.

"Nah, kami bersyukur bahwa Jakarta lima tahun kemarin suasananya aman, teduh, damai karena warganya pun menjaga suasana aman, teduh, dan damai," ucapnya.

Keberhasillannya menjaga kerukunan umat bergama di Jakarta, kata Anies, akan diaplikaskan ke seluruh daerah di Indonesia apabila terpilih sebagai presiden RI periode 2024-2029.

"Kita bersama-sama bisa mewujudkan suasana Jakarta yg aman, teduh, dan damai dan pesan ini akan kita bawa untuk seluruh Indonesia ke depan," ucapnya.

Setelah memberikan sambutan, Anies yang didampingi oleh Sekjen Nasdem Hermawi Taslim dan juga Sekjen Timnas AMIN Novita Dewi serta mantan Menteri Agama periode 2019-2020, Fachrul Razi membuka Safari Natal AMIN.

Pembukaan Safari Natal AMIN ditandai dengan memukul kentongan dan menyalahkan lilin yang kemudian dibagikan sebagai tanda berbagi kebahagiaan.