Daftar Metode Diet Paling Populer Sepanjang 2023, Simak Penjelasannya

ERA.id - Demi mendapatkan berat badan ideal, masing-masing orang punya cara diet yang menurutnya cocok dilakukan. Tak heran jika muncul banyak jenis diet hingga saat ini.

Tercatat, ada beberapa metode paling populer sepanjang 2023. Metode-metode diet ini bisa membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Daftar Metode Diet Paling Populer Sepanjang 2023

1. Diet Mediterania

Ini adalah salah satu metode diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan cukup banyak dilakukan. Umumnya diet ini dilakukan dengan buah-buahan, sayuran segar, keju rendah susu, beberapa jenis biji-bijian, dan makanan laut. Diet mediterania juga mencakup protein tanpa lemak dalam jumlah rendah hingga sedang.

Diet dipercaya dapat membantu mencegah penyakit dan memanjangkan umur. Pola makan yang menekankan konsumsi buah, sayuran, dan beberapa jenis makanan (seperti diet mediterania) disebut sebagai anti-inflamasi dan pencegah penyakit.

2. Diet Keto

Diet keto dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat, tapi meningkatkan konsumsi makanan berlemak dan berprotein sedang. Makanan yang dikonsumsi antara lain minyak kelapa, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, daging, ikan, telur, dan makanan olahan susu.

Penerapan pola makan ini membuat tubuh tidak perlu banyak mengubah karbohidrat menjadi energi. Energi akan didapatkan dari pembakaran lemak.

Ilustrasi diet keto (pexels)

3. DASH

DASH memiliki kepanjangan dietary Approaches to stop hypertension. Ini jadi diet untuk membantu mengontrol tekanan darah tanpa obat-obatan. Diet ini memungkinkan pelakunya mengurangi berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Dilansir Prevention, diet ini berfungsi sebagai anti-inflamasi, menyehatkan jantung, dan menurunkan berat badan. Dalam penerapannya, DASH menekankan pada pola makan dengan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak jenuh serta kolesterol.

4. Weight Watchers (WW)

Diet weight watchers (WW) juga dipercaya bisa menurunkan berat badan. Dilansir Prevention, WW efektif menurunkan berat badan secara aman.

Penelitian pada 2013 menunjukkan, orang yang melakukan diet WW delapan kali lebih mungkin menurunkan sepuluh persen berat badan selama enam bulan. Tawaran menarik ini membuat WW mendapat perhatian dari masyarakat.

5. Plant-Based Diet

Ini termasuk diet dengan banyak variasi, tapi pada intinya diet ini dilakukan dengan lebih banyak mengonsumsi makanan nabati dibandingkan produk hewani. Berbagai makanan berprotein nabati juga bisa menggantikan asupa protein hewani, seperti tahu, kacang polong, dan pistachio.

Kami juga telah membuat tulisan yang memuat penjabaran diet keto atau ketosis. Baca artikel tersebut untuk mendapatkan info lebih lengkap.

Itulah berbagai metode diet paling populer sepanjang 2023. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.