Tips Memilih CCTV untuk Rumah yang Paling Cocok Sesuai Kondisi

ERA.id - Memasang CCTV di rumah merupakan salah satu langkah terbaik untuk meningkatkan keamanan. Sebelum memasangnya Anda harus tahu tips memilih CCTV untuk rumah yang paling sesuai.

Terdapat banyak jenis dan fitur CCTV di pasaran, yang membuat memilih CCTV yang tepat menjadi hal yang membingungkan. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas beberapa tips penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli CCTV untuk rumah Anda.

Tips Memilih CCTV untuk Rumah

  1. Memilih jenis kamera yang tepat.

Sistem kamera keamanan terbaik untuk rumah adalah yang mencakup kamera dengan peringkat tinggi untuk pemantauan yang akurat.

Meskipun kamera keamanan pan, tilt, dan zoom (PTZ) mungkin tampak seperti solusi yang lebih baik, sebagian besar sistem pengawasan hanya memerlukan kamera keamanan luar ruangan dan dalam ruangan tetap.

Kamera PTZ dapat mencakup area yang lebih luas daripada kamera tetap, tetapi mungkin memerlukan operator jarak jauh untuk menggeser, memiringkan, dan memperbesar kamera.

Selain itu, pertimbangkan kamera tetap dengan sudut pandang lebar jika Anda tidak memiliki tim khusus yang selalu memantau kamera keamanan Anda. Namun, kamera PTZ lebih baik untuk pengawasan aktif jika Anda perlu terus-menerus memeriksa pandangan di area tertentu untuk aktivitas mencurigakan.

Jenis kamera keamanan lain yang perlu dipertimbangkan ketika mencari sistem kamera keamanan terbaik untuk rumah atau kantor Anda termasuk kamera 360 derajat dan panorama, model dengan lensa fisheye, dan kamera malam atau pencitraan termal.

Kamera dengan lensa panorama, 360 derajat, dan fisheye menawarkan bidang pandang yang lebih luas dan memungkinkan Anda menggunakan lebih sedikit kamera untuk memantau ruang besar.

Kemudian kamera keamanan dengan penglihatan malam dan pencitraan termal dapat menangkap gambar dalam cahaya redup dan lingkungan dengan visibilitas rendah, seperti di malam hari dan di hari berkabut.

  1. Pilih antara kamera keamanan kabel dan nirkabel.

Sebelum Anda mulai berbelanja untuk solusi keamanan rumah, putuskan apakah akan menggunakan kamera keamanan kabel atau nirkabel.

Kamera kabel lebih aman dan lebih sulit diretas. Karena tidak bergantung pada jaringan nirkabel dan juga menawarkan kinerja yang lebih andal. Namun kamera jenis ini memerlukan bantuan profesional untuk pemasangan.

Meskipun demikian, sebagian besar kamera keamanan nirkabel generasi saat ini menawarkan kinerja yang sebanding dengan model kabel. Model ini lebih mudah dipasang.

Selain itu, pilih model bertenaga baterai dan solar jika Anda mencari kamera keamanan nirkabel yang benar-benar bebas kabel. Kamera CCTV keamanan luar ruangan nirkabel yang mudah dipasang tidak memerlukan koneksi daya dan data kabel. Oleh karena itu, Anda dapat menempatkannya di mana saja.

  1. Jangan gunakan kamera ruangan di luar ruangan.

Kamera dalam ruangan tidak dibuat untuk menahan paparan lingkungan luar dalam waktu lama. Oleh karena itu, gunakan hanya kamera keamanan luar ruangan untuk pengawasan perimeter.

Cari model tahan cuaca yang mampu menahan paparan debu, hujan, dan angin terus menerus dan berulang. Untuk membuatnya lebih awet, pelajari cara memasang kamera keamanan luar ruangan dengan benar.

Jangan gunakan kamera ruangan di luar ruangan (unsplash)
  1. Tempatkan kamera keamanan dengan posisi tinggi di dinding.

Untuk pemasangan sistem keamanan do-it-yourself (DIY), penting untuk mengetahui di mana memasang kamera keamanan. Tempat ideal untuk memasang kamera pengawas Anda adalah setinggi mungkin. Ini memastikan tidak ada orang yang dapat dengan mudah mencapai perangkat untuk mencuri, meretas, atau memblokirnya.

  1. Pertimbangkan pencahayaan saat memposisikan kamera pengintai

Pencahayaan sekitar merupakan pertimbangan penting saat memasang kamera keamanan. Setiap kamera membutuhkan pencahayaan yang memadai untuk menangkap detail yang diperlukan untuk mengidentifikasi orang dalam rekaman.

Tempatkan kamera pengintai Anda di tempat yang cukup cahaya untuk melihat gerakan dan wajah. Jika pencahayaan sekitar buruk, pertimbangkan memasang lampu luar ruangan untuk menerangi area jangkauan atau pilih kamera dengan fungsi night vision.

Selain tips memilih cctv untuk rumah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…