Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Tuai Kritik Diduga Sajikan Percintaan Anak SD, Sutradara Klarifikasi

ERA.id - Film Dilan 1983: Wo Ai Ni sempat menuai kritik pedas dari publik. Kritik diberikan karena film ini diduga menyajikan kisah percintaan anak di bawah umur atau yang masih duduk di sekolah dasar (SD).

Mengenai kritik tersebut, sang sutradara, Fajar Bustomi mengaku menyadarinya. Hal ini juga sempat membuatnya dilema untuk menggarap film tersebut atau tidak.

Namun, Fajar Bustomi juga menyadari bahwa kritikan demikian memang kerap diberikan untuk film Dilan, termasuk Dilan 1990 walaupun percintaan di masa SMA. Ia menjelaskan kalau film Dilan 1983 tidak tentang percintaan semata.

“Kata netizen ini film mengajarkan pacaran, padahal Dilan SMA. Di Dilan 1983 ini, kita belum mengeluarkan apa-apa orang-orang sudah yang ‘ini anak SD pacar-pacaran’. Tapi nggak kayak gitu,” ungkap Fajar Bustomi saat konferensi pers di Paris Van Java, Bandung, Senin (13/5/2024). 

Sesuai dengan novelnya yang ditulis oleh Pidi Baiq, film ini akan menyajikan tentang cinta, yang merupakan rasa pemberian Tuhan untuk setiap manusia. 

“Film ini bukan film anak SD pacaran, tapi cerita tentang “cinta”. Rasa yg diberikan Tuhan di hati manusia, cinta yang sesungguhnya kepada Tuhan. Semakin mencintai Tuhan kita akan mencintai seluruh makhluk ciptaannya bahkan orang yg berbeda agama,” tuturnya. 

“Seperti kata Banar, abang Dilan ‘anak SD sudah jatuh cinta? Dan di jawab Dilan  ‘mau SD, SMP, mau S1 atau profesor semua sama punya hati,” tambahnya. 

Kemudian Fajar Bustomi meminta masyarakat untuk tidak langsung menghakimi film tersebut, sebelum menontonnya. Ia juga menegaskan bahwa film Dilan 1983: Wo Ai Ni tidak menceritakan percintaan anak SD. 

“Terakhir saya pastikan di film Dilan 1983 Wo Ai Ni tidak ada pacaran anak SD sama sekali. Semoga Hati kita di jaga dari berburuk sangka,” pungkasnya.

Sementara itu, Dilan 1983: Wo Ai Ni merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis ternama Pidi Baiq. Film ini dijadwalkan untuk tayang dj bioskop pada 13 Juni 2024 mendatang.