Perankan Tokoh Bunda Lagi, Ira Wibowo Ungkap Perbedaan Dilan di Film Dilan 1983: Wo Ai Ni dengan Sebelumnya

ERA.id - Ira Wibowo kembali dipercaya memerankan tokoh Bunda di film Dilan 1983: Wo Ai Ni. Kali ini, Ira membeberkan perbedaan bermain film Dilan teranyar dengan film Dilan sebelumnya.

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni ini dirilis setelah empat film Dilan yang sebelumnya telah ditayangkan. Film pertamanya yaitu Dilan 1990 (2018), dan Dilan 1991 (2019). Adapula Milea: Suara dari Dilan (2020), dan Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 (Januari 2024).

Ira Wibowo mengatakan film Dilan 1983: Wo Ai Ni menceritakan kisah hidup Dilan dimasa kanak-kanak.

Menurutnya, sosok Dilan di tahun 1983 sangat menggemaskan. Berbeda dengan Dilan ditahun 1990,1991, dan 1995 yang sudah 'nyeleneh'. 

"Gemes. Kalau Dilan yang sudah remaja kan kayaknya nyeleneh gimana gitu. Kalau yang ini nyeleneh juga cuma ini bener-bener bikin gemes," ujar Ira Wibowo, saat ditemui di Paris Van Java, Bandung, Jawa Barat pada Minggu (9/6/2024).

Lebih lanjut, kakak kandung Ari Wibowo ini mengatakan sosok Dilan sebelumnya sudah sibuk dengan kegiatannya. Berbeda dengan Dilan di film Dilan 1983: Wo Ai Ni yang sangat dekat dengan keluarga dan teman-teman sebayanya.

"Kalau anak remaja memang dalam kehidupannya sudah pnya kegiatan sendiri. Anak-anak lebih banyak sama orangtua, di rumah. Jasi ini tuh akrab banget," jelasnya. 

"Di antara mereka sendiri juga pemainnya kayak sahabat udah dari kapan gitu. Jadi walau dimanapun berada, lokasi syuting sampai hotel penginapan itu selalu ngumpul, nggak pernah sendiri-sendiri," lanjutnya. 

Sebagai artis senior, perempuan berusia 56 tahun ini juga sering memberikan masukan untuk para pemain. 

"Kalo sharing iya, latihan iya. Lebih kayak nggak ngobrol-ngobrol banget gitu. Dari situ dapat masukan juga," ucapnya. 

Ira Wibowo mengatakan film Dilan 1983: Wo Ai Ni menyajikan banyak pesan moral yang positif. Mulai dari kedekatan keluarga, sahabat, saling menghargai perbedaan suku, ras, dan agama.

"Lebih kayak ini film keluarga, hubungan antar sahabat, antar keluarga kakak adik. Pesannya bagus, perbedaan itu yang ada, sangat bagus. Rasanya film liburan anak-anak sangat bagus." ucapnya.

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni menceritakan kisah cinta monyet di kalangan anak-anak dan masa kecil seorang Dilan. Film ini menyajikan kisah cinta masa kecil Dilan saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Film ini menunjukkan bagaimana mereka pertama kali bertemu, menjalin pertemanan, dan akhirnya jatuh cinta dengan Mei Lien.

Kehadiran Mei Lien memberikan warna baru dalam kehidupan Dilan. Bahkan, Dilan belajar bahasa Mandarin demi mendekati anak cantik keturunan Tionghoa itu. Selain itu, film ini disajikan kelucuan Dilan dan kawan-kawannya.  film Dilan 1983 Wo Ai Ni menghadirkan cerita yang ringan dan menghibur, sehingga cocok ditonton untuk semua kalangan usia.

Selain Ira Wibowo, film yang akan tayang pada 13 Juni 2024 di Bioskop seluruh Indonesia ini dibintangi oleh Muhammad Adhiyat, Malea Emma, Sulthan Hamonangan, Keanu Azka, Ferdinand, Adzana AshelJKT 48, Quentin Stanislavski, Zayyan Sakha, Muzakki, Shania Diva, Cleo Haura, Jonathan Alvaro, dan Daan Aria.