6 Daftar Pemimpin Dunia yang Tewas Kecelakaan Pesawat, Terbaru Presiden Iran

ERA.id - Kematian pemimpin dunia dalam kecelakaan udara menjadi momen penting dalam sejarah yang mengguncang dunia politik. Untuk itu artikel ini akan mengulas daftar pemimpin dunia yang tewas kecelakaan pesawat.

Insiden kecelakaan tidak hanya menciptakan kekosongan kekuasaan, namun saat penyelidikan berlangsung berbagai spekulasi akan berkembang dan sering kali diselimuti teori konspirasi.

10 Daftar Pemimpin Dunia yang Tewas Kecelakaan Pesawat

Dilansir dari laman Firstpost, berikut ini 10 daftar para pemimpin negara yang meninggal dunia akibat kecelakaan udara:

  1. Ebrahim Raisi (1960-2024)

Terbaru adalah Presiden Iran Raisi dan Menteri Luar Negeri Amirabdollahian yang bersama rombongan lainnya berada di dalam helikopter yang jatuh dan dinyatakan meninggal dunia.

Sebagiamana diberitakan Era sebelumnya, media pemerintah Iran, Press TV, serta sumber berita semi-resmi seperti Tasnim dan Mehr, melaporkan bahwa seluruh penumpang helikopter Bell 212 tewas.

Sebelumnya, Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir-Hossein Kolivand, menyatakan pada Senin pagi bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan dari penumpang helikopter itu.

Helikopter yang membawa Raisi, bersama dua helikopter lainnya, sedang menuju Kota Tabriz pada hari Minggu setelah Raisi meresmikan Bendungan Qiz Qalasi di perbatasan dengan Republik Azerbaijan sehari sebelumnya.

Presiden Iran Raisi bersama rombongan lainnya berada di dalam helikopter yang jatuh (X)
  1. Jenderal Zia-ul-Haq (1924-1988)

Presiden keenam Pakistan ini meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat dekat Bahawalpur, Pakistan. Penyebab kecelakaan tersebut juga masih kontroversial dengan spekulasi tentang kegagalan mekanis, sabotase, dan teori konspirasi.

(Dok. Wikipedia)

  1. Lech Kaczynski (1949-2010)

Presiden Polandia ini meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat dekat Smolensk, Rusia bersama banyak pejabat tinggi Polandia lainnya. Kecelakaan itu terjadi saat delegasi tersebut dalam perjalanan untuk memperingati pembantaian Katyn.

(Dok. Wikipedia)

  1. Ramon Magsaysay (1907-1957)

Presiden ketujuh Filipina ini meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat di Gunung Manunggal di Cebu. Magsaysay sendiri dikenal karena kebijakan anti-komunisnya yang kuat dan dedikasinya pada demokrasi.

(Dok. Wikipedia)

  1. Juvenal Habyarimana (1937-1994)

Presiden Rwanda dan Cyprien Ntaryamira (1955-1994) yang merupakan presiden Burundi tewas ketika pesawat mereka ditembak jatuh saat hendak mendarat di Kigali, Rwanda. Peristiwa ini sering disebut sebagai pemicu genosida Rwanda.

(Dok. Wikipedia)

  1. Samora Machel (1933-1986)

Samora Machel adalah presiden Mozambik yang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat dekat perbatasan Mozambik-Afrika Selatan. Penyebab kecelakaan itu masih diperdebatkan dengan beberapa pihak yang menuduh keterlibatan Afrika Selatan.

(Dok. Wikipedia)

Selain daftar pemimpin dunia yang tewas kecelakaan pesawat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…