Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 yang Harus Anda Ketahui

| 15 May 2024 19:45
Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 yang Harus Anda Ketahui
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri. (Instagram@praja_ipdn)

ERA.id - Pemerintah secara resmi membuka alur pendaftaran sekolah kedinasan 2024 pada hari Rabu (15/5) hingga Kamis (13/6). Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi SSCASN Disdik dengan menyiapkan lampiran sejumlah syarat, sebagai contoh nilai UTBK hingga nilai rapor.

"Peserta dapat mulai melakukan pendaftaran tanggal 15 Mei 2024 melalui portal SSCASN yang dimiliki oleh BKN," kata Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto dalam keterangannya, Selasa, mengutip Antara.

Ia menjelaskan pada tahun ini, melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), pemerintah mengalokasikan 3.445 formasi yang diikuti 8 Kementerian/Lembaga Sekolah Kedinasan.

Sekolah kedinasan yang memberikan alokasi pada seleksi CASN 2024, antara lain Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN) sebanyak 400 formasi; Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN Kemendagri) sejumlah 721 formasi; Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) sebanyak 722 formasi. Selanjutnya, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG BMKG) sebanyak 120 formasi; Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN BSSN) sebanyak 105 formasi; SIPENCATAR Kemenhub sebanyak 622 formasi; Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS BPS) sebanyak 355 formasi; dan POLTEKIP/POLTEKIM Kemenkumham sebanyak 400 formasi.

Setelah pendaftaran dilakukan, ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) akan diselenggarakan pada bulan 18 Juli hingga 6 Agustus 2024. Jika dinyatakan lulus tes, peserta akan mengikuti Seleksi Lanjutan di mana ujian tersebut akan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). (Antara)

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024

Dikutip dari Buku Petunjuk resminya, di bawah ini adalah alur pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

  • Akses Portal: pelamar bisa mengakses melalui situs dikdin.bkn.go.id
  • Buat Akun: peserta membuat akun sekolah kedinasan dengan NIK yang sudah tervalidasi Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan
  • Pendaftaran: peserta mengunggah pas foto, menentukan sekolah, mengisi biodata, dan mengunggah berkas
  • Cek Resume: petugas melakukan cek resume dan pelamar mencetak kartu pendaftaran Verifikasi: verifikasi data dilakukan dan berkas pelamar Cek Status Kelulusan Pembayaran: pelamar yang lulus melakukan pembayaran di masing-masing sekolah kedinasan
  • Cetak Kartu Ujian: cetak kartu untuk mengikuti tes berikutnya
  • Ujian Seleksi: peserta melaksanakan ujian pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan
  • Pengumuman Hasil Seleksi: pengumuman hasil seleksi akan diumumkan sscasn

Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan yang Dapat Dilakukan

  1. Pelamar harus mengakses melalui portal SSCASN https://dikdin.bkn.go.id
  2. Pelamar menentukan menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun https://daftar-dikdin.bkn.go.id
  3. Pelamar melakukan log in dengan memanfaatkan NIK dan password yang sudah didaftarkan
  4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian. Untuk informasi yang perlu diketahui, pelamar hanya boleh melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas tentang sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, dapat Anda cek di halaman web masing-masing sekolah
  5. Pelamar memasukkan Nilai
  6. Pelamar melengkapi Biodata
  7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
  8. Pelamar memeriksa kembali isian yang sudah dilengkapi (Resume)
  9. Pelamar mengklik Kirim, data yang sudah dikirim tidak dapat diubah
  10. Pelamar memeriksa hasil verifikasi
  11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan menerima kode billing sebagai kode untuk membayar tes seleksi. Aturan terkait pembayaran dapat Anda cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
  12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan menerima Kartu Ujian
  13. Pelamar menjalani tahapan tes seleksi
  14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
  15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, disarankan segera menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses berikutnya.

Demikianlah ulasan tentang alur pendaftaran sekolah kedinasan 2024, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan pendaftaran, sebaiknya segera mempersiapkan diri, dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi