Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang, di Musim Apakah?

ERA.id - Jepang menjadi salah satu negara impian banyak orang untuk berlibur. Ada banyak daya tawar yang membuat orang-orang mengunjungi Jepang, mulai dari budaya, wisata, dan hiburan. Namun sebelum memutuskan pergi ke sana, Anda harus tahu waktu terbaik berlibur ke Jepang.

Mungkin Anda bisa traveling ke Jepang ketika liburan panjang. Namun ada waktu terbaik untuk berlibur ke Jepang yang masih belum banyak diketahui orang. Negara yang terletak di Asia Timur ini memiliki empat musim, berbeda dari Indonesia yang hanya dua musim.

Saat Anda berlibur ke Jepang dalam bulan yang berbeda, maka Anda akan merasakan musim yang berbeda pula. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan ingin mengunjungi negara tersebut di musim apa. Apakah saat musim semi, musim gugur, musim dingin, atau musim panas?

Waktu Terbaik Berlibur ke Jepang

Berkunjung ke Jepang akan memberikan Anda pengalaman dan sensasi baru. Bukan hanya karena keunikan budayanya, namun juga lantaran perbedaan musimnya. Setiap musim di Jepang akan menyuguhkan keseruan dan keindahannya masing-masing.

Jadi pastikan Anda memilih waktu yang tepat ketika ingin pergi liburan ke Jepang. Dengan begitu Anda jadi tahu apa saja yang bisa Anda nikmati dan siapkan saat akan terbang ke Jepang. Berikut pilihan waktu terbaik berlibur ke Jepang.

Menyaksikan Keindahan Sakuran Bermekaran

Negara Jepang identik dengan bunga sakura. Ingin menyaksikan bunga sakuran bermekaran menjadi tujuan banyak orang berlibur ke Jepang. Waktu di mana bunga-bunga sakura menampilkan keelokannya tersebut adalah saat musim semi.

Jika Anda ingin menyaksikan cantiknya bunga sakura bermekaran maka datanglah ke Jepang saat musim semi. Musim semi di negara ini berlangsung di bulan Maret hingga Mei. Perlu Anda ingat bahwa bunga sakura mekar sempurna hanya dalam waktu seminggu saja. Maka dari itu pastikan Anda datang di momen yang tepat.

Jadwal mekarnya sakura di berbagai daerah di Jepang pun berbeda-beda. Anda bisa mencari informasinya terlebih dahulu untuk menentukan waktu keberangkatan. Jangan lupa menyiapkan baju hangat atau jaket. Meskipun saat musim semi suhu udaranya hangat dan cerah, namun saat sore hari akan kembali dingin.

Melihat Pesona Autumn

Keindahan Jepang tidak hanya disajikan oleh mekarnya bunga-bunga sakura di musim semi. Momen musim gugur atau autum juga menyuguhkan keindahan yang sama cantiknya. Saat musim gugur, suhu udara akan menjadi kering dan kelembapan sudah menurun.

Di musim gugur, daun-daun akan mengering sehingga berubah warna menjadi kuning dan kemerahan. Pemandangan daun-daun di momen autumn akan sangat indah dan mempesona mata. Jadi momen ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Musim gugur di Jepang berlangsung selama bulan September hingga November.

Saat autumn, Anda tidak hanya melihat pemandangan alam yang epik serasa di film-film Jepang. Di musim ini biasanya juga diadakan banyak konser, pameran, dan acara olahraga. Even-even tersebut bisa Anda datangi untuk menambah keseruan liburan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti tradisi momijigari atau aktivitas melihat perubahan warna daun di musim gugur.

Merasakan Dinginnya Winter

Gambar 1: Ilustrasi musim dingin di Jepang (Unsplash/Manuel Cosentino

Bagi Anda yang ingin merasakan salju dan udara dingin di Jepang, Anda perlu datang saat musim dingin. Tak kalah dari musim lainnya, momen winter di Jepang akan menyajikan pemandangan yang indah oleh balutan putih salju. Musim dingin di Jepang biasanya berlangsung dari akhir Desmber hingga Maret.

Musim dingin di Jepang berlangsung dengan suhu udara yang cenderung kering dan cerah. Jarang sekali suhu turun hingga di bawah titik beku, sehingga tidak akan membuat Anda menggigil parah. Kecuali di Jepang bagian utara, seperti Sapporo dan sekitarnya yang bisa sangat dingin.

Saat musim dingin, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas dan pengalaman seru. Ketika winter di Jepang akan ada festival salju, khususnya yang paling populer adalah di beberapa kota di Hokkaido. Festival ini biasanya diadakan di bulan Januari atau Februari. Jika Anda ingin datang di waktu tersebut, jangan lupa membawa pakaian tebal supaya tidak kedinginan.

Menikmati Summer di Jepang

Musim panas di Jepang juga menjadi waktu yang tepat untuk berlibur. Sebenarnya suhu udaran di Jepang akan sangat panas di waktu summer, mirip dengan di Indonesia. Saat musim panas biasanya para petani di sana akan menanam padi karena umumnya hujan akan turun hingga 3-4 minggu lamanya.

Selain itu, saat musim panas akan ada banyak festival yang digelar di Jepang. Anda bisa menikmati berbagai even, seperti Tenjin Matsuri, Sanja Matsuri, Sumiyoshi Festival, Gion Matsuri, Asakusa Samba Carnival, dan lainnya. Jadi Anda bisa merasakan pengalaman baru yang seru sekaligus unik dari negara tersebut. Musim panas di Jepang berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus.

Demikianlah rekomendasi mengenai waktu terbaik berlibur ke Jepang. Setiap musim di Jepang akan menawarkan keunikan dan keindahannya masing-masing, baik dalam hal budaya, alam, dan lainnya. Jadi tentukan tujuan Anda ingin berlibur ke Jepang agar bisa memilih waktu yang tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…