Kamala Harris Sesumbar Dapat Banyak Dukungan, Minta Segera Dinominasikan Jadi Capres Demokrat

ERA.id - Wakil Presiden AS Kamala Harris mengklain telah mendapatkan dukungan luas yang diperlukan untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat. Dia berharap namanya segera dinominasikan untuk maju pada Pilpres AS 2024.

"Saya berharap dapat segera menerima nominasi secara resmi. Malam ini, saya bangga telah mendapatkan dukungan luas yang diperlukan untuk menjadi calon dari partai kami," kata Kamala Harris, dikutip AP, Selasa (23/7/2024).

Presiden Joe Biden sebelumnya menyatakan dukungan kepada Kamala Harris ketika dia mengundurkan diri dari pencalonan. Biden berjanji akan tetap menjalankan tugasnya sebagai presiden hingga masa jabatannya berakhir pada 20 Januari 2025.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Associared Press, Kamala Harris mendapat dukungan dari 2.538 delegasi. Dukungan itu melampaui 1.976 yang dibutuhkan untuk memenangkan suara delegasi dalam beberapa minggu mendatang.

Meski demikian, para delegasi masih bisa mengubah dukungannya sebelum tanggal 7 Agustus mendatang. Delegasi konvensi masih bebas memilih kandidat pilihan mereka pada konvensi pada bulan Agustus atau jika Partai Demokrat melakukan pemungutan suara virtual sebelum pertemuan di Chicago.

Konvensi Nasional Partai Demokrat dijadwalkan diadakan pada 19 Agustus hingga 22 Agustus di Chicago.

Komite peraturan konvensi dijadwalkan bertemu minggu ini untuk menyelesaikan proses pencalonannya melalui pemungutan suara virtual segera setelah tanggal 1 Agustus, partai tersebut mengumumkan pada hari Senin, dan prosesnya selesai pada tanggal 7 Agustus.

Selain itu, partai tersebut mengatakan pemungutan suara virtual akan menampilkan beberapa putaran pemungutan suara terhadap calon jika beberapa kandidat memenuhi ambang batas kualifikasi. Untuk memenuhi syarat, kandidat harus memiliki tanda tangan elektronik dari 300 delegasi konvensi.

Ketua Komite Nasional Demokrat Jaime Harrison mengatakan pada hari Senin bahwa partainya akan mengajukan calon presiden pada 7 Agustus.