KPK Periksa Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Sebagai Saksi Kasus Korupsi Hari Ini

ERA.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono (SWT) memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Jumat (26/7). Dia bakal diperiksa sebagai saksi dalam kasus pengadaan barang dan jasa kerja sama antara PT Telkom dengan PT Telemedia Onyx Pratama (TOP).

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika membenarkan bahwa Trenggono telah tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Namun, ia belum dapat memerinci lebih lanjut soal kehadiran Trenggono.

"Betul, yang bersangkutan (SWT) hadir ke Kantor Gedung Merah Putih KPK ," kata Tessa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/7/2024).

Adapun ini merupakan pemanggilan kedua Trenggono. Sebelumnya KPK juga memanggil dia sebagai saksi dalam kasus korupsi yang sama pada Jumat (12/7). Dia dipanggil dalam kapasitasnya sebagai pemegang saham/pengurus PT Teknologi Riset Global Investama.

Namun, saat itu Trenggono tidak menghadiri pemeriksaan tersebut. Dia mengirim surat konfirmasi ketidakhadirannya ke KPK dengan alasan sedang ada kegiatan dinas yang tidak bisa ditinggalkan.

KPK pun belum memerinci soal peran maupun keterlibatan perusahaan milik Trenggono yang ingin didalami penyidik pada pemeriksaan tersebut.

Sebagai informasi, dalam kasus ini, KPK juga telah menyita dua kantor di sebuah gedung yang berlokasi di Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa (4/6). Kedua unit kantor itu memiliki luas 346, 14 meter persegi.

Kedua kantor tersebut sudah tidak beroperasi. Namun, KPK menduga unit ini merupakan milik salah satu tersangka dalam kasus korupsi di PT Telkom.

Sebelumnya, KPK juga sudah menggeledah sejumlah lokasi di wilayah Jakarta dan Tangerang. Dari penggeledahan itu, tim penyidik menemukan sejumlah dokumen dan alat elektronik yang diduga berkaitan dengan dugaan rasuah pengadaan barang serta jasa di PT Telkom.

Adapun penggeledahan itu meliputi enam rumah dan empat kantor. Lokasi yang digeledah diantaranya, kawasan Telkom Hub; Gedung Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto Kav 52, Kuningan Barat, Jakarta Selatan; dan Menara MT Haryono, Jakarta Selatan.