7 Manfaat Aplikasi Batu Alam di Dinding Rumah

ERA.id - Apakah Anda bosan dengan desain rumah yang itu-itu saja? Jika ingin menghadirkan nuansa alam yang menenangkan ke dalam hunian, tidak ada salahnya mencoba batu alam dinding.

Batu alam sendiri mampu mengubah tampilan dinding rumah menjadi lebih hidup dan menarik. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang keindahan dan manfaat batu alam untuk dinding rumah.

Apa saja manfaat batu alam dinding?

Dilansir dari World of Stones USA, berikut ini beberapa kelebihan menggunakan batu alam sebagai cladding dinding:

  1. Memiliki Tampilan Alami

Batu memiliki keindahan yang terbentuk selama proses pembentukan alami yang terjadi. Perubahan warna alami, jejak fosil, urat, butir, pola, gaya, dan corak warna membuat setiap potongan batu unik.

Selain itu, batu alam ada yang sejuk, hangat, dan berenergi untuk dilihat. Manfaat lain adalah relaksasi, peningkatan kreativitas, dan pemicu inspirasi yang membuat banyak orang lebih menyukai batu daripada bahan lainnya.

  1. Dapat Meningkatkan Nilai Properti

Batu dapat memberikan properti Anda efek rustic dan usang. Kekuatan, daya tahan, dan keserbagunaan batu alam pada dinding Anda, khususnya sisi eksterior juga dapat meningkatkan nilai properti secara langsung.

Perlu diketahui, beberapa orang menyukai tampilan klasik sementara banyak yang modern. Batu memiliki kemampuan untuk memberikan keduanya. Hal ini dapat meningkatkan harga properti agar menjadi investasi yang menguntungkan.

Sebelum melanjutkan, baca juga 7 Tren Desain Rumah 2024

  1. Meningkatkan Penampilan

Veneer batu alam ketika diterapkan ke seluruh eksterior Anda dan terutama fasad, dapat menonjolkan keindahan properti Anda.

Flagstone atau sepotong besar veneer batu (yang diatur dalam bentuk, ukuran, dan pola yang teratur dan tidak teratur) dapat mempercantik pintu masuk dan dinding yang berdekatan.

  1. Mempercantik Patio Belakang Rumah

Anda dapat mempercantik patio belakang Anda dengan membuat dinding cladding dari batu veneer angsa. Kombinasi dengan dapur, barbekyu, dan fasilitas memasak akan membuat tamu dan pesta Anda berkesan.

Selain itu, penambahan dinding penutup taman atau halaman belakang yang rendah dengan batu bertumpuk juga dapat memberikan tampilan alami dan meningkatkan sensasi serta kenyamanan.

  1. Efek Keserbagunaan

Tidak seperti bahan konstruksi lainnya, batu alam memiliki keserbagunaan untuk masuk ke berbagai ruang di rumah Anda, baik eksterior, teras, patio, dapur, kamar mandi, atau ruang tamu.

Anda juga dapat melakukan pembagian spasial menggunakan panel batu dalam dinding cladding di ruang tamu, teras, dan teras.

  1. Menyelamatkan dari Cuaca Ekstrim

Batu adalah bahan alami dengan banyak mineral termasuk kalsit dan silikat yang ideal untuk mengatasi berbagai cuaca ekstrim.

Dinding batu lebih tahan terhadap suhu ekstrim (freepik)

Kabar baiknya, batu alam tahan panas, sehingga marmer menjadi favorit di rumah dengan iklim suhu yang panas. Batu silika juga banyak digunakan dalam konstruksi dinding dan dinding cladding bertindak sebagai isolasi alami untuk menghentikan panas, dingin, dan kelembaban melewati ruang interior.

Demikian pula, paving batu di ruang interior dan eksterior dapat mencegah pemanasan ekstrim, kerusakan akibat beku, dan bencana hujan.

  1. Mudah Dirawat

Batu alam adalah bahan yang paling kokoh dengan daya tahan, umur panjang, dan memiliki sifat tahan cuaca. Dengan demikian, batu akan sulit pecah dan jarang terkena noda secara permanen.

Oleh karena itu, pembersihan batu mudah dilakukan. Cukup dengan larutan sabun atau deterjen sederhana dapat mengembalikan kilau pada batu.

Selain batu alam dinding, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…