7 Tren Desain Rumah 2024 yang Bakal Populer, Terapkan di Hunian Anda

| 28 Dec 2023 08:05
7 Tren Desain Rumah 2024 yang Bakal Populer, Terapkan di Hunian Anda
Ilustrasi Tren desain rumah 2024 (Freepik)

ERA.id - Tren desain rumah 2024 sudah mulai dibicarakan oleh para ahli desain interior. Momen pergantian tahun menjadi waktu yang tepat untuk mengamati tren desain rumah yang bakal populer tahun depan. Pasalnya fenomena dekorasi atau gaya rumah selalu berubah setiap tahunnya.

Setiap pergantian tahun, banyak pemilik rumah yang juga ingin mengubah atau memperbarui tampilan huniannya. Tahun baru menjadi saat yang tepat untuk menciptakan suasana baru dalam tempat tinggal. Selain itu, tidak sedikit orang yang ingin merealisasikan rencana membangun rumah. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tren desain rumah 2024.

Ilustrasi Tren desain rumah 2024 (Freepik)

Tren Desain Rumah 2024

Para ahli desain interior memprediksi ada beberapa tren lama desain rumah yang akan kembali populer di tahun depan. Bagi Anda yang ingin merenovasi atau memperbarui hunian, intip beberapa tren desain rumah 2024 berikut ini:

Subway Tile

Salah satu desain yang bakal menjadi tren gaya rumah tahun depan adalah subway tile. Subway tile adalah penerapan keramik persegi panjang berwarna putih. Model keramik ini dinamakan subway tile (ubin kereta bawah tanah) karena awalnya diperkenalkan sebagai lantai di kereta bawah tanah New York. 

CEO dan pendiri Blythe Interiors, Jennifer Verruto, memprediksi bahwa desain subway tile bakal menjadi tren ‘abadi’ pada beberapa tahun mendatang. Ia menilai bahwa tidak ada yang lebih klasik dari model subway tile. Dibandingkan memakai batu bata tradisional, lebih baik memberikan sentuhan modern dengan menumpuk ubin secara horizontal atau vertikal. 

Scalloped Design

Scalloped design juga diprediksi bakal turut mewarnai tren desain rumah tahun 2024. Seorang desainer interior, Julia Longchamps, mengatakan pemilik rumah bakal menerapkan desain bergerigi ke dalam huniannya. Ia mengatakan bahwa desain bergerigi juga akan memberikan aksen yang bagus pada lemari atau kabinet. 

Fractal Design

Seorang desainer interior, Debbe Daley, memprediksi bahwa fractal design akan banyak digunakan di tren hunian tahun 2024. Menurutnya, tahun depan bakal banyak desain fraktal pada beragam furniture seperti meja, kabinet, penerangan, hingga hiasan kuno. 

Fractal design merupakan desain berbentuk geometris. Dalam gaya desain ini, apabila bagian-bagian penyusun dari sebuah bentuk diterapkan dalam skala besar maka akan tampak bagian-bagian kecil yang menyusun bentuk geometris tertentu sebagai keseluruhan. 

Desain Biofilik

Desainer interior di Planner 5D, Alice Moszczynski, mengatakan bahwa biophilic design bakal meramaikan tren desain rumah 2024. Desain biofilik bakal menggunakan banyak material alami, tanaman, dan sinar matahari. Desain ini dihadirkan untuk memberikan perasaan yang damai dan tentram karena dikelilingi tanaman subur dan cahaya alami. 

For your information, desain biofilik berasal dari kata biphilia dari bahasa Yunani yang artinya adalah ‘cinta terhadap makhluk hidup’. Istilah biofilia pertama kali digunakan oleh psikolog bernama Erich Fromm pada 1964. 

Tujuan dari penerapan prinsip biofilia adalah untuk menghubungkan manusia dengan alam sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan. Dalam desain rumah, biophilic design digunakan untuk menciptakan integrasi alam ke dalam ruangan rumah. 

Warna Hangat

Dalam tren desain rumah dari segi warna, penggunaan warna hangat bakal populer di tahun depan. Seorang desainer interior bernama Alice Moszczynski memperkirakan bahwa akan banyak orang yang memilih warna-warna hangat untuk tampilan rumah mereka. 

Penggunaan warna hangat dapat menciptakan suasana yang nyaman dan ramah. Beberapa pilihan warna hangat yang mungkin akan digemari yakni seperti warna terakota, cokelat tanah, dan jingga tua. 

Nuansa Hutan 

Nuansa hutan untuk gaya rumah juga bakal menjadi tren desain hunian di tahun 2024. Diprediksi pada tahun depan bakal banyak pemilik rumah yang menerapkan warna hijau atau forest green. Pilihan warna ini dapat menciptakan hunian yang terasa lebih sejuk dan damai. 

Furniture Desain Melengkung

Dalam pemilihan furniture, desain melengkung diprediksi bakal menjadi tren di tahun depan. CEI dan pendiri Blythe Interiors, Jennifer Verruto, mengatakan bahwa furniture bentuk bulat dan pinggiran melengkung bakal digemari oleh pemilik rumah. 

Furniture dengan desain melengkung akan menciptakan kesan vintage atau kuno namun tetap estetik. Meski tampak vintage, desain ini mudah dipadukan dengan berbagai gaya desain. Misalnya bentuk bulat atau melengkung pada cermin ruas dengan pasangan meja rias. 

Demikianlah beberapa tren desain rumah 2024 yang diprediksi bakal populer tahun depan. Bagi pemilih rumah yang ingin memperbarui hunian, beberapa pilihan desain tersebut bisa Anda terapkan. Baca juga tips membuat taman dalam rumah yang bisa diterapkan di hunian Anda. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi