Peralatan Panjat Tebing yang Perlu Disiapkan, Catat!

ERA.id - Bagi Anda yang senang dengan olahraga ekstrem, tentunya dapat mencoba olahraga panjat tebing. Sebelumnya, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu olahraga panjat tebing dan apa saja peralatan panjat tebing yang perlu disiapkan.

Untuk melakukan olahraga ekstrim ini, Anda harus memeriksa kondisi kesehatan terlebih dahulu. Setelah benar-benar dipastikan aman untuk memanjat, barulah Anda bisa melakukan olahraga ini.

Dalam Bahasa Inggris, olahraga ini disebut juga dengan istilah rock climbing yang menjadi salah satu olahraga yang Anda lakukan di alam bebas dengan memanfaatkan banyak peralatan dan juga teknik-teknik khusus.

Peralatan panjat tebing. (Freepik)

Peralatan Panjat Tebing

Di bawah ini adalah beberapa alat-alat penting saat Anda melakukan panjat tebing:

Tali panjat tebing

Tali panjat tebing atau tali karmantel merupakan salah satu alat yang penting untuk menjaga keselamatan tubuh ketika berada di pinggir tebing.

Carabiner

Penghubung antara tali dengan harness disebut carabiner yang terbuat dari alumunium alloy ringan dan kuat yang dapat menahan tubuh hingga berat lebih dari 100 kg.

Harness

Untuk menopang tubuh Anda, ada alat yang disebut harness atau jangkar yang dihubungkan ke tali.

Terdapat tiga jenis harness, antara lain chest harness, seat harness, dan full-body harness yang dapat Anda sesuaikan saat melakukan olahraga panjat tebing.

Ascender

Selanjutnya, ada alat yang dimanfaatkan untuk memanjat tebing yang didesain khusus untuk mengunci secara otomatis saat diberi beban, sehingga tidak akan merosot.

Descender

Kebalikan dari ascender, alat yang satu ini dimanfaatkan untuk turun tebing sehingga lebih aman dan tidak turun secara drastis.

Piton

Piton adalah paku khusus yang berfungsi untuk mengaitkan tali panjat tebing yang terdiri dari dua jenis yaitu angel dan blade.

Piton jenis angel dimanfaatkan untuk menancapkan tali di tebing yang celahnya sempit, adapun blade untuk celah batu yang besar.

Hammer

Untuk menancapkan piton dengan kuat, Anda membutuhkan palu khusus yang disebut hammer panjat tebing. Alat ini juga dapat digunakan untuk mencabutnya.

Webbing

Alat pipih yang dikaitkan ini berfungsi untuk menahan tubuh ketika di pinggir tebing. Tali yang terbuat dari nilon kuat ini dikaitkan dengan harness dan beberapa perlengkapan lainnya.

Hanger

Alat pengaman yang satu ini dimanfaatkan untuk mengamankan Anda saat berada di pinggir tebing dan terbuat dari logam kuat yang mampu menahan lebih dari 100 kg bobot tubuh.

Sepatu khusus panjat tebing

Anda juga perlu memanfaatkan sepatu khusus yang lentur agar memudahkan pijakan Anda dari satu batu ke batu lainnya.

Chock and friend

Chock digunakan dengan cara diselipkan pada celah batu sebagai penahan tubuh ketika butuh berhenti di tengah jalan.

Alat ini bentuknya bisa bermacam-macam, termasuk simetris (stopper), segi enam (hexentric), hingga paruh burung (triems).

Chock akan dikaitkan ke ‘friend’ yang menjadi bagian pengait yang terhubung dengan tali dan carabiner.

Chalk bag

Kantung dengan isi kapur khusus ini bermanfaat untuk menghapus keringat di jari jemari sehingga tidak licin saat memanjat.

Demikianlah ulasan tentang peralatan panjat tebing yang perlu diketahui sebelum melakukan olahraga ini. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…