Iran Enggan Terlibat Negosiasi Gencatan Senjata Hamas-Israel: Kami Tidak Punya Niat

ERA.id - Iran mengaskan tidak memiliki niat untuk terlibat dalam negosiasi gencatan senjata secara tidak langsung antara Israel dan Hamas.

"Kami tidak terlibat dalam negosiasi gencatan senjata tidak langsung antara Hamas dan rezim tersebut, yang difasilitasi oleh Mesir, Qatar dan AS, dan tidak memiliki niat untuk terlibat dalam negosiasi tidak langsung semacam itu," kata pernyataan Misi Tetap Republik Islam Iran untuk PBB, dikutip IRNA, Rabu (14/8/2024).

Pernyataan itu dikeluarkan sebagai tanggapan dari kemungkinan Iran akan mempertimbangkan untuk mengirim perwakilan ke pembicaraan gencatan senjata secara tidak langsung itu.

Reuters sebelumnya melaporkan bahwa Iran akan mempertimbangkan untuk mengirim perwakilan ke pembicaraan gencatan senjata. Tetapi utusan tersebut akan berpartisipasi secara tidak langsung untuk mempertahankan komunikasi diplomatik dengan AS.

Para mediator Mesir, Qatar dan AS kembali mengundang Hamas dan Israel untuk membicarakan kesepakatan gencatan senjata pada 14-15 Agustus mendatang. Namun sejauh ini, Hamas menyatakan keputusannya soal gencatan senjata sesuai dengan pembicaraan awal.

Proses negosiasi ini telah terhenti selama lebih dari sebulan sejak Presiden AS Joe Biden, atas nama Israel, mengumumkan rencana baru untuk menyelesaikan konflik di Gaza.