PDIP Umumkan 6 Cagub dan Cawagub di Pilkada 2024, Daerah Mana Saja?

ERA.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan 169 calon kepala daerah yang diusung PDIP. Rinciannya sebanyak 6 calon untuk tingkat provinsi, 151 kabupaten/kota, dan 12 kota. Nama-nama tersebut dibacakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Selanjutnya dengan seizin ibu Ketua Umum perkenanlahkan kami mengumumkan calon gubernur dan calon wakil gubernur," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Lebih lanjut, Hasto pun membacakan nama-nama calon kepala daerah yang diusung partainya. Diantaranya calon kepala daerah Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Papua Tengah hingga Papua Selatan.

"Dari Jakarta menunggu keputusan Ibu Mega. Demikian pula dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Hasto.

Adapun, 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung PDIP untuk Pilkada serentak tahun 2024, diantaranya:

1. Kepulauan Riau, Muhammar Rudi - H. Aunur Rafiq

2. Jambi, Al Haris - Abdullah Sani

3. Kep. Bangka Belitung, Hidayat Arsani - Heliana

4. Bali, Wayan Koster - I Nyoman Giri Prasta

5. Papua Tengah, Meki Nawipa - Deinas Geley

6. Papua Selatan, Apolo Safanto - Paskalis Imagawa

Setelah pembacaan, perwakilan calon Kepala Daerah yang diusung menerima penyerahan Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP.  Megawati menyerahkan langsung SK tersebut kepada calon kepala daerah, didampingi oleh putranya Prananda Prabowo.

Pengumuman 169 Calon Kepala Daerah dari PDIP ini merupakan gelombang kedua dari tiga gelombang yang akan dilakukan DPP PDIP dalam menghadapi Pilkada 2024.

Sebelumnya, PDI Perjuangan telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada  gelombang pertama di 14 Agustus 2024.