DPRD Surabaya Sibuk Gladi Bersih Pelantikan di Tengah Aksi Kawal Putusan MK Soal Pilkada

ERA.id - DPRD Surabaya tengah sibuk melakukan gladi bersih menjelang pelantikan anggota dewan terpilih 2024-2029 pada Sabtu, 24 Agustus 2024 nanti. 

Penitia pelaksana telah menyelenggarakan gladi bersih sebagai persiapan akhir hari ini, Kamis (22/8/2024). Gladi bersih tersebut bertepatan dengan hebohnya masyarakat yang melakukan aksi Kawal Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal persyaratan pencalonan pilkada dan batas usia calon kepala daerah.

Kepala Bagian Informasi dan Protokol DPRD Kota Surabaya Kumbang Wilis Rimboto mengatakan persiapan jelang pelantikan ini dihadiri tim teknis, petugas protokol, serta perwakilan dari masing-masing fraksi DPRD. 

Kegiatan ini mencakup simulasi proses pelantikan, pengaturan tempat duduk, serta penataan perangkat acara. Wilis menjelaskan pentingnya gladi bersih untuk menghindari kemungkinan kendala pada hari H.

“Kami ingin memastikan setiap detail telah dipersiapkan dengan baik. Gladik resik ini adalah kesempatan bagi kami untuk mengevaluasi dan memperbaiki setiap aspek teknis sebelum pelantikan resmi,” kata Wilis kepada Era.id, Kamis (22/8/2024).

Acara pelantikan rencananya akan dihadiri pejabat daerah, tokoh masyarakat, serta keluarga anggota DPRD yang dilantik. 

“Prosesi pelantikan melibatkan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota DPRD yang baru terpilih. Selain itu, akan disampaikan sambutan dari pimpinan daerah dan agenda penting lainnya,” ungkapnya.

Panitia pelaksana memastikan bahwa semua persiapan, mulai dari pengaturan tempat, pengamanan, hingga kelancaran acara telah diperiksa dengan seksama. 

Gladi bersih ini, kata dia, merupakan langkah terakhir sebelum pelantikan resmi dan diharapkan dapat memberikan kepastian serta kesiapan penuh untuk acara yang akan dilaksanakan.

“Karena ruang pelantikan terbatas, maka wartawan yang bakal meliput acara dibatasi hingga 20 orang memakai ID card DPRD Surabaya dengan sistem bergantian,” jelasnya.

Wilis menambahkan pihaknya sudah menyiapkan undangan. Di lantai 1, organisasi perangkat daerah (OPD) dan keluarga dewan yang baru. Kemudian, lantai 2 untuk ramah tamah anggota dewan yang baru dan lama. Lalu lantai 3 untuk tamu dari keluarga DPRD Kota Surabaya dan para undangan.

“Panitia juga menyiapkan layar lebar di luar ruang sidang untuk para tamu,” pungkasnya.