Liburan Murah, Yuk Beli Tiket Pesawat Paling Murah Hari Ini

ERA.id - Ingin tetap liburan namun budget terbatas? Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah mengetahui tiket pesawat paling murah di hari apa saja.

Menariknya, ada banyak teori yang beredar tentang hari-hari tertentu dalam seminggu yang dianggap sebagai waktu paling tepat untuk berburu tiket pesawat murah. Penasaran? Yuk, cari tahu faktanya!

Tiket Pesawat Paling Murah di Hari Apa?

  1. Selasa dan Rabu

Dilansir dari laman Pelita Air, data menunjukkan bahwa harga tiket cenderung lebih murah jika dibeli pada hari kerja, terutama Selasa dan Rabu. Hal ini mungkin karena pada hari-hari tersebut, permintaan tiket tidak sebesar akhir pekan.

  1. Beli saat Dini Hari

Siapa yang menyangka waktu pemesanan juga berpengaruh pada harga. Mencari tiket pada dini hari, saat banyak orang masih terlelap, bisa menjadi trik untuk mendapatkan penawaran terbaik

Selain harga yang lebih terjangkau, membeli tiket pesawat pada saat dini hari juga menawarkan sejumlah keuntungan tambahan. Misalnya, calon penumpang memiliki kesempatan lebih besar untuk memilih kursi yang nyaman, seperti kursi dekat jendela atau lorong.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah membandingkan berbagai pilihan penerbangan dan memilih jadwal yang paling sesuai dengan rencana perjalanan mereka.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat

  1. Tanggal Flash Sale

Tips tambahan untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih hemat adalah dengan memesan pada tanggal-tanggal tertentu.

Perlu diketahui, banyak maskapai yang memanfaatkan momen-momen spesial seperti tanggal kembar (misalnya 11/11 atau 22/12) untuk memberikan promo menarik.

Tidak hanya diskon harga tiket, Anda juga berpotensi mendapatkan penawaran menarik lainnya, seperti tambahan bagasi gratis atau kesempatan untuk naik kelas.

  1. Hindari Musim Liburan

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau, hindari periode liburan peak season seperti pertengahan Juni hingga Agustus atau saat hari besar keagamaan. Membeli tiket jauh-jauh hari untuk periode low season dapat menjadi solusi yang hemat.

  1. Jauh Hari

Semakin awal Anda memesan tiket, semakin besar kemungkinan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Salah satu cara efektif untuk menghemat biaya perjalanan adalah dengan memesan tiket pesawat jauh-jauh hari.

Waktu yang ideal untuk melakukan pemesanan adalah sekitar empat hingga enam minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Beli tiket jauh hari agar mendapatkan harga murah (freepik)

Apakah tiket pesawat semakin dekat semakin mahal?

Maskapai penerbangan seringkali menerapkan strategi penyesuaian harga berdasarkan waktu pemesanan. Dengan demikian, semakin dekat dengan tanggal keberangkatan, harga tiket cenderung lebih tinggi.

Salah satu alasan logis tiket pesawat mahal menjelang hari keberangkatan, dikarenakan adanya asumsi bahwa penumpang yang memesan di last minute memiliki fleksibilitas yang lebih rendah dan lebih bersedia membayar harga yang lebih mahal untuk mendapatkan tiket.

Kemudian fluktuasi harga tiket pesawat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah waktu pemesanan. Maskapai seringkali menaikkan harga menjelang keberangkatan, terutama untuk rute-rute populer atau saat musim liburan.

Untuk itu, penumpang yang memesan di last minute seringkali tidak memiliki banyak pilihan dan lebih cenderung untuk membeli tiket dengan harga yang sudah disesuaikan.

Selain tiket pesawat paling murah di hari apa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…