Wakil Rakyat Ingatkan Soal Koordinasi Kepada Firli Cs

Jakarta, era.id - Wakil rakyat berharap pimpinan baru KPK dapat bertugas dengan baik dalam menjalankan agenda pemberantasan korupsi.

"Selamat bertugas untuk kelima pimpinan baru KPK, semoga mampu mengemban amanah dalam mewujudkan Indonesia tanpa korupsi sesuai harapkan kita semua," ujar Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry melalui keterangan tertulisnya, Jumat (10/12/2019)

Herman mengingatkan pada lima pimpinan baru KPK bahwa tugas berat sudah menanti, khususnya dalam menjawab harapan publik akan terwujudkan Indonesia tanpa korupsi sesuai UU tentang KPK. Selain itu, agenda pemberantasan korupsi dapat diselesaikan dengan baik jika ada koordinasi efektif antara semua pihak. Menurutnya,

Oleh karenanya, Komisi III DPR RI akan mendukung penuh pihak-pihak yang mendukung kinerja KPK dan semua langkah yang menguatkan agenda pemberantasan korupsi.

"Ingat, agenda pemberantasan korupsi bukan menjadi tugas KPK saja, melainkan tugas bersama seluruh elemen bangsa. Selalu kedepankan koordinasi dan komunikasi dengan aparat penegak hukum lain," kata Herman.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah melantik lima pimpinan baru lembaga antirasuah. Mereka adalah Firli Bahuri (Ketua), Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango dan Lili Pintauli Siregar. Dari lima nama ini, Alexander Marwata merupakan satu-satunya komisioner petahana KPK.

Komisi III DPR RI juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan KPK periode ke IV yang telah menjalankan tugasnya dalam memberantas korupsi dalam empat tahun terkahir ini.

Selain melantik pimpinan baru KPK, Presiden Jokowi juga melantik lima orang Dewan Pengawas KPK. Mereka adalah Tumpak Hatarongan Panggabean, Harjono, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Syamsuddin Haris.

Tag: kpk