6 Keluarga Laskar FPI yang Ditembak Polisi Dapat Donasi Rp200 Juta dari Warganet

ERA.id - Irvan Ghani berhasil mengumpulkan uang hingga miliaran rupiah dari donasi warganet untuk keluarga anggota Laskar FPI yang tewas ditembak polisi.

Irvan telah menunaikan tugasnya yang dimulai lewat akun Twitternya @ghanieierfan. Di sana, ia berinisiatif membuat donasi lewat dunia maya demi membantu keluarga anggota Laskar FPI yang tewas ditembak polisi.

Irvan mengatakan pengumpulan dana sejak Senin sore sampai Kamis kemarin, mencapai sekitar Rp 1,2 miliar. Kata Irvan pengumpulan dana itu semata-mata dilandasi rasa kemanusiaan.

“Saya merasa ada ketidakadilan dalam peristiwa itu. Alhamdulillah respons warganet luar biasa. Sampai saya tutup, donasi masih terus masuk,” kata Irvan.

Irvan dan keluarga seorang laskar FPI yang tewas ditembak polisi (Dok. Irvan) 

Rencananya seluruh donasi yang masuk tersebut akan diberikan lagi kepada keluarga para laskar FPI. “Untuk transparansi, saya tadi mencetak mutasi bank 696 lembar bolak balik,” ujarnya.

Irvan sejauh ini sudah menyerahkan donasi kepada keluarga 3 laskar FPI yang tewas ditembak, yaitu Andi Oktiawan, Lutfi Hakim, serta Muhammad Suci Khadavi. “Masing-masing saya serahkan Rp 200 juta. Dari hasil donasi Rp 1,2 miliar dibagi rata,” tuturnya.

Pemberian donasi dilakukan bertahap lantaran dia tak bisa mengambil uang Rp 1,2 secara langsung. Rencananya, hari ini Irvan akan memberikan uang donasi kepada keluarga almarhum Muhammad Reza, Ahmad Sofyan alias Ambon, serta Faiz Ahmad Syukur.

Enam anggota Laskar FPI pengawal Rizieq Shihab itu dilaporkan tewas ditembak polisi dalam bentrokan yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek KM50, kawasan Karawang, Jawa Barat, Senin dinihari.