Siap Menikah, Reza Arap Masuk Agama Buddha dan Gelar Upacara Sangjit

ERA.id - YouTuber Reza Oktovian atau yang kerap disapa Reza Arap sebentar lagi akan menikah dengan kekasih tercinta, Wendy Walters. YouTuber berusia 33 tahun dan kekasihnya menggelar upacara Sangjit pada Sabtu (2/1/2021). 

Dikutip dari Weddingku, Sangjit adalah prosesi seserahan dalam budaya Cina dimana mempelai pria datang membawa persembahan untuk pihak mempelai wanita. Prosesi ini diadakan setelah lamaran dan sekitar satu bulan hingga satu minggu sebelum pesta pernikahan. 

Sontak saja, banyak netizen penasaran dengan agama yang dianut oleh Reza Arap. Menanggapi hal itu, Wendy Walters mengatakan bahwa sang kekasih telah lama memeluk agama Buddha.

Unggahan story Wendy Walters (Foto: Insta Stories/@wendywalters)

"Dia udah agama Buddha dari lama kok. Secara sah dimata agama dan hukum. Kita dari awal sih gak pernah bahas agama sama sekali, cuma pas dia udah komitmen mau ke tahap selanjutnya, tiba-tiba dia yang ngomong mau ke Buddha,” tulis Wendy Walters melalui Insta Stories. 

Selain itu, Wendy Walters membeberkan bagaimana proses Reza Arap bisa memeluk agama Buddha. Reza Arap belajar sendiri karena itu kemauan hatinya.

“Dia yang pelajarin sendiri, baca-baca, sampai tanya ke Viara dan tanya-tanya Suhu dan Bhikkhu. Udah macam cari kitab suci sendiri. Tapi ini benar-benar dia dari hati dia yang mau agama Buddha. Aku gak pernah suruh dia ikut. Are you guys know, dia dari awal memang senang belajar agama apapun,” tutur Wendy Walters.

Wendy menjelaskan acara selanjutnya yang akan dilakukan setelah menjalani upacara Sangjit. 

"Kalau aku sih (acara Teapai) pas di hari H, jadi langsung gabung. Teapai ini tradisi kasih teh ke kerabat yang sudah menikah sebagai tanda hormat ke mereka,” kata Wendy Walters.

Sebelumnya, Reza Arap tidak menganut agama apa pun. Ia percaya semua agama  mengajarkan kebaikan, namun Reza Arap bersikukuh tidak menganut agama apapun.

Namun, jika dipilih satu dari enam agama yang ada di Indonesia. Reza Arap memilih agama Buddha. Hal ini diungkapkan melalui podcast channel YouTube Deddy Courbuzier.

Reza Arap mengatakan ia sudah mempelajari semua agama dan agama Budha dianggap sesuai dengan prinsip yang ia anut.  Padahal, Reza Arap dibesarkan dalam keluarga yang menganut agama Islam dan Kristen.

Deddy Corbuzier menanyakan jika pasangannya berbeda agama, apakah ia  mengikuti agama pasangannya. Reza Arab mengatakan iya agar dirinya bisa menikah, namun belum tentu mengikuti ajaran agama tersebut.

"Ya (ikut agama pasangan). Di satu sisi gua juga enggak peduli dengan sisi itu (agama). Jadi, supaya cepat bisa married aja di negara ini. Ya udah ikut aja. Apakah gua akan ikuti ajarannya? Belum tentu," ungkap Reza Arap melalui kanal YouTube Deddy Courbuzier.