Putuskan Pindah Agama, Kakak Alyssa Soebandono Merasa Tak Dianggap Keluarga

| 15 Dec 2020 17:00
Putuskan Pindah Agama, Kakak Alyssa Soebandono Merasa Tak Dianggap Keluarga
Ananda Soebandono

ERA.id - Sebuah kabar baru dari keluarga Alyssa Soebandono terungkap. Kakak Alyssa Soebandono, Ananda Soebandono memutuskan untuk pindah agama. Padahal, ia lahir dan besar di keluarga muslim.

Melalui akun YouTube Diaspora TV Ananda Ananda menceritakan proses keputusannya menjadi seorang nasrani. Ananda mengaku sempat mendapatkan penolakan dari keluarga.

"Gue cerita ke keluarga gue ada penolakan tentunya. Nyokap gue masih nggak nyangka gue akan ambil keputusan ini, even adik-adik gue. Mereka tahu gue kayak nggak dianggap saudara, kayak 'Mas nggak sayang apa sama daddy? Nggak sayang sama keluarga? Dosa apa yang dilakuin?," cerita Ananda Soebandono.

Ananda bahkan sempat merasa dirinya sudah tak lagi dianggap sebagai saudara oleh keluarganya.

Dari penolakan itu Ananda bertekat untuk keluar dari rumahnya dan pindah ke sebuah kost-kostan.

"Gue memutuskan untuk nggak tinggal di rumah gue. Gue cari kost-an, gue akan datang ke rumah gue kalau semua sudah tenang," ucapnya.

Namun jalan itu tak mudah begitu saja, sebelum dibaptis, pastor meminta Ananda untuk memohon restu dari kedua orang tuanya. Saat itu Ananda langsung mencoba untuk menghubungi Alyssa dan meminta bertemu di hari ulang tahun sang ibunda.

"Gue chat adik gue Alyssa, gue bilang 'Ca apa kabar? Mas kangen nih sama kalian, boleh nggak tanggal 28 April, nyokap ulang tahun gue dateng, kita ngobrol'. Icha bilang, 'Mas, okay nanti Icha bantu ya'. Adik gue baik nih mau bantuin, tapi sampai sekarang adik gue benar-benar baik sama gue," cerita Ananda.

Sesampainya di rumah, ia langsung disambut hangat oleh adiknya dan sang ibunda memeluk erat Ananda. Ia juga bertemu dengan sang ayah dan mencoba menjelaskan alasannya memilih untuk pindah agama.

"Pas gue masuk (rumah), gue lihat adik gue tiba-tiba lari, dia meluk gue, 'Mas Icha kangen' sampai nangis. Nyokap juga lari meluk gue erat banget, 'Kamu ke mana aja sayang?', itu gue nangis langsung sedih," ujarnya.

Akhirnya, keluarga pun menerina keputusan Ananda setelah ia bercerita proses spritual yang ia alami hingga ingin memutuskan berpindah keyakinan.

"Akhirnya ketemu bokap, ngobrol gue ceritain, kenapa gue bisa memutuskan terima Tuhan Yesus, prosesnya itu dan kata-kata bokap gue sih yang benar-benar tajam banget, 'Nanda, no matter what, I still love you, you are my son. Kalau ini hubungan kamu dengan Tuhan, lanjutkan'. Dan di situ gue nangis, 'Terima kasih Tuhan', keluarga gue bisa nerima siapa gue sekarang," tutup Ananda Soebandono.

Rekomendasi