Ditanya soal Pilpres, Anies Malah Singgung Waktu Azan dan Salat di Makassar

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Makassar, Sulsel. Di sana, ia menanggapi isu Pilpres 2024 yang melibatkan dirinya.

Kata Anies, belum waktunya mendeklarasikan diri sebagai calon presiden. Ia sementara fokus mengurus Ibu Kota Jakarta. Toh, jabatannya akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang.

"Begini, saya jawab. Kalau belum masuk waktunya, jangan bunyikan suara azan," tutur Anies saat Talkshow Kebangsaan Komunitas Mileanis Sulsel di RM Losari and Food Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (21/1/2022) malam.

Dirinya kembali mengibaratkan, bila mana suara azan lebih awal diperdengarkan dan belum masuk waktunya, maka orang akan mempertanyakan ada apa gerangan.

"Artinya, coba diperhatikan, kalau dengar azan jam 10 pagi apa kita lakukan, semua pasti mengatakan apa ini? Betul kan. Ini belum masuk waktu azan, jadi jangan adzan dulu, begitu kira-kira," tuturnya.

Anies sendiri masih melihat perkembangan, diibaratkan sebelum suara azan dikumandangkan, lebih baik dilaksanakan tahrim (tuntunan syarat salat) lebih dulu.

"Jadi kalau tidak boleh azan, bolehnya apa? Kalau subuh, di sini ada suka tahrim. Kalau tahrim boleh, orang ambil wudu, datang ke masjid bahwa nanti akan ada azan. Tapi sebelum masuk, jangan azan dulu, semua muadzin tahu prinsip itu," ulas Anies mengibaratkan kembali.

Meski demikian, dukungan dari para komunitas Mileanis yang mendorong dan mendukung Anies Baswedan maju sebagai orang nomor satu di Indonesia pada Pemilihan Presiden 2024, tetap diberikan apresiasi untuk diakomodir.

"Insya Allah, apapun yang dijalani kita jalankan, amanat bisa gonta ganti, tapi amanat apapun dijalankan sebaik-baiknya. Poinnya, kita kerja bersama, malam ini alhamdulillah kita kumpul bersama," tutur mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Untuk diketahui, kedatangan Anies Baswedan ke Makassar, untuk menghadiri dan menjadi saksi pernikahan anak Nurdin Halid.

Kami juga pernah menulis soal Dilaporkan Majelis Adat Sunda ke Polisi, Arteria Dahlan: Saya Pasti Patuh. Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!