Simak Tren Kecantikan 2023 Beserta Produk-Produk yang Dikeluarkan

| 25 Dec 2022 09:20
Simak Tren Kecantikan 2023 Beserta Produk-Produk yang Dikeluarkan
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

ERA.id - Industri kecantikan terus berinovasi dan semakin dinamis setiap waktunya. Saat ini, Indonesia mengalami pertumbuhan yang meningkat setiap tahunnya, menunjukkan proses pemulihan dan penguatan yang signifikan.

Industri kosmetika di Indonesia mengalami pertumbuhan hingga 9,61% berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021 dan terdapat kenaikan jumlah perusahaan pada industri kosmetika di Indonesia hingga 20,6% pada tahun 2022 berdasarkan catatan dari BPOM. 

Transformasi merupakan salah satu kunci dalam menghadapi perubahan dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Hal ini diungkapkan oleh Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia yang merupakan perusahaan manufaktur kosmetik Korea di Indonesia.

(Kampus Production/Pexels)

Cheong Min-Kyoung dalam keterangan resminya (Jumat, 25/11/2022) mengatakan, “Salah satunya dengan menerapkan strategi transformasi berupa teknologi dan digitalisasi yang dapat memberikan penguatan pada industri kecantikan Indonesia menuju industri advanced."

COSMAX Indonesia menghadirkan konsep Beauty Trend 2023 dalam upayanya untuk selalu menciptakan inovasi dan transformasi bagi industri kecantikan. Di bawah ini merupakan beberapa contoh tren kecantikan 2023 yang akan datang.

1. Stand Out

Adanya dampak secara tidak langsung pada perilaku konsumen secara keseluruhan termasuk perilaku konsumen dalam menggunakan produk kecantikan setelah pandemi melanda membuat konsumen benar-benar mendefinisikan kembali mengenai fungsi dan kegunaan produk makeup dan  perawatan kulit pada tahun 2023.

Produk kecantikan hadir sebagai wadah dalam bentuk pengekspresian diri berupa Stand Out, tidak hanya sebagai kebutuhan bagi konsumen. Penggunaan make-up terlihat mulai berani melalui riasan dan warna yang disesuaikan dengan identitas setiap penggunanya.

2. Techceptance

Techceptance menunjukkan produk yang menggunakan teknologi dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen, tidak hanya terfokus kepada produk yang dapat memberikan kesempatan untuk  berekspresi.

Konsumen kini tidak hanya mulai sadar akan pemilihan ingredients produk yang sesuai dengan permasalahan kulitnya, namun juga mulai menerima dan memilih produk yang memiliki nilai tambah akan teknologi untuk memberikan  efektifitas dan efesiensi yang maksimal. hal ini seiring meningkatnya minat konsumen terhadap produk kecantikan dan perawatan kulit.

3. Reconnect

Kemudian Reconnect, kini banyak hadirnya physical offline event yang menggabungkan teknologi untuk memberikan ikatan lebih bagi ekosistem industri kecantikan, membuat industri kecantikan mulai kembali berinteraksi melalui  dukungan teknologi berupa live feature, filter virtual, dan lainnya.

Interaksi gabungan secara offline dan online dengan fitur-fitur teknologi dapat meningkatkan koneksi antara konsumen dan pelaku industri kecantikan dengan pendekatan yang lebih imersif.

4. Opportunity

Berikutnya Opportunity, peluang bagi pelaku industri untuk memberikan nilai tambah dan konsep unik menjadi sangat besar dengan meningkatnya industri kecantikan dan kosmetika di Indonesia. Hal ini untuk mengjangkau segmentasi pasar yang lebih luas.

Konsep-konsep produk baru yang sebelumnya telah hadir yaitu clean beauty, hybrid cosmetic, conscious beauty, dan konsep unik lainnya yang akan banyak  bermunculan pada waktu yang akan datang. 

Permintaan konsumen yang meningkat akan produk yang dapat menghasilkan proven-result menjadikan konsumen mulai memperhatikan efisiensi, efikasi, dan juga nilai keberlanjutan pada suatu produk.

5. Natural

Natural akan menjadi salah satu konsep pilihan alternatif dengan didukungnya peningkatan kesadaran konsumen akan ESG yaitu Environmental Social Governance dan persepsi konsumen akan bahan natural yang memiliki kandungan aman dan baik untuk kulit serta memiliki nilai ramah lingkungan.

6. Glow Glazzy

Look trend 2023 berikutnya adalah Glow Glazzy yang merupakan tampilan kulit sehat natural bercahaya dengan penggunaan riasan minimal dan menunjukkan warna kulit natural, mendukung pula natural beauty trend yang telah disebutkan.

Hal tersebut dapat didukung dengan penggunaan produk multifungsi atau hybrid yang secara efektif dapat memberikan kulit sehat dan bercahaya secara maksimal. 

“Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kemajuan industri kecantikan lokal di Indonesia, COSMAX  Indonesia selalu menghadirkan inovasi dan tren konsep kecantikan untuk memenuhi kebutuhan pasar di  Indonesia dengan berkomitmen menghadirkan produk kecantikan lokal dengan penerapan teknologi  terbarukan berstandarisasi secara global,” tutup Cheong Min-Kyoung.

Tren kecantikan 2023 tersebut tentu membuat tak sabar untuk menyambut kehadiran teknologi-teknologi dan produk-produk kecantikan terbaru di tahun depan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi