Penyebab Muka Bintik-Bintik, Masalah Kulit Wajah yang Mengganggu Penampilan

| 16 May 2023 19:15
Penyebab Muka Bintik-Bintik, Masalah Kulit Wajah yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi muka bintik-bintik (Freepik)

ERA.id - Memiliki wajah yang bersih dan mulus merupakan keinginan setiap orang. Namun terkadang muncul bintik putih di wajah yang dialami oleh beberapa orang. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu penampilan hingga membuat kurang percaya diri. Lantas apa penyebab muka bintik-bintik kecil?

Munculnya bintik-bintik kecil di wajah kerap dikeluhkan banyak orang. Meski biasanya kondisi ini tidak berbahaya, namun cukup mengganggu kecantikan atau penampilan seseorang. Bintik kecil di area wajah bisa muncul di pipi maupun bagian lainnya. Banyak orang kemudian melakukan perawatan untuk menghilangkan masalah wajah tersebut. Namun Anda juga perlu tahu penyebab muka bintik-bintik kecil.

Ilustrasi muka bintik-bintik (Freepik)

Penyebab Muka Bintik-Bintik Kecil

Munculnya bintik-bintik kecil di wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa jenis bintik-bintik kecil di wajah dan penyebabnya. 

Milia

Milia adalah bintik putih di wajah yang sering dikira sebagai whiteheads. Bintik putih ini berbentuk benjolan bulat kecil yang berwarna putih. Kondisi ini biasanya muncul saat keratin dan komponen sel kulit mati terjebak atau mengendap di bawah permukaan kulit wajah. 

Milia biasanya disebabkan karena adanya reaksi kulit yang alergi terhadap suatu produk. Alergi tersebut kemudian menyebabkan iritasi, ditambah lagi dengan paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah. Umumnya milia muncul di area pipi, mata, dan hidung. 

Tinea Versicolor

Tinea versicolor adalah kelainan yang terjadi pada kulit karena adanya pertumbuhan jamur yang berlebihan. Tanda-tanda kulit yang mengalami kondisi ini adalah munculnya bintik merah, putih, atau cokelat, yang terkadang juga tampak kering dan bersisik. 

Tinea versicolor bisa dialami oleh semua orang. Namun biasanya masalah kulit ini menimpa orang-orang yang tinggal di daerah beriklim lembab, orang yang kulitnya berminyak, dan orang yang imunnya sedang terganggu. 

Idiopathic Guttate Hypomelanosis

Masalah kulit yang satu ini juga kerap disebut dengan white sun spots atau bintik putih matahari. Kondisi ini akan memunculkan bintik putih berukuran 1 sampai 10 milimeter pada kulit. Bintik putih ini tidak hanya terjadi di wajah, namun juga bisa muncul di punggung atas, tangan, dan kaki. 

Penyebab white sun spots adalah karena paparan sinar UV yang terlalu intens mengenai kulit. Umumnya kondisi ini dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit putih dan akan meningkat seiring bertambahnya usia. 

Demikianlah beberapa penyebab muka bintik-bintik kecil yang kerap dialami oleh banyak orang. Jika Anda mengalaminya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit ini, yakni dengan rutin membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi, dan perawatan kulit lainnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi