Brand Skin Care Lokal Kian Menjamur, Tips Mempertahankan Bisnis Ala Irene Ursula

| 19 Jul 2023 08:23
Brand Skin Care Lokal Kian Menjamur, Tips Mempertahankan Bisnis Ala Irene Ursula
Irene Ursula (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Brand skin care asal lokal Indonesia belakangan semakin populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Dengan banyaknya brand skin care lokal yang bermunculan, Irene Ursula, Founder dari salah satu brand skin care Indonesia yakni Somethinc, Amaterasun & Glowinc memiliki cara sendiri untuk mempertahankan bisnisnya.

Irene Ursula mengatakan bahwa kemunculan brand skin care lainnya yang menjadi pesaing bisnisnya merupakan hal yang wajar dan patut dihargai. Dengan munculnya pesaing, ia semakin terpacu untuk memberikan yang terbaik untuk setiap produk yang dikeluarkan oleh brandnya sendiri.

"Nanggapin bisnis skin care yang kini makin berkembang itu sebenarnya seru gitu. Aku kan orangnya kompetitif ya, jadi ya kayak senang saja gitu. Kayak 'oh sekarang sudah sampai segini ya, orang sudah di sini', jadi ya kejar-kejaran saja terus. Karena kadang kalau kita nggak punya sesuatu buat dikejar (atau pesaing), itu bisa jadi kehilangan spirit nggak sih," ujar Irene Ursula saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa (18/7/2023).

Irene mengatakan bahwa kunci sukses bisnisnya di tengah persaingan yang ketat adalah dengan menjaga kepercayaan konsumen. Produk yang dijual harus memiliki kualitas yang bagus sehingga konsumen akan setia membeli.

"Kalau Somethinc sendiri itu kuncinya sih trust (kepercayaan) ya. Jadi jangan pernah mengkhianati trust dari customer sih. Jangan sampai rusak itu," tegasnya.

Menurut Irene Ursula, pembuatan produk yang bagus tidak hanya berguna untuk meningkatkan penjualan. Produk yang bagus dan disukai konsumen akan membuat kelangsungan hidup bisnis bertahan lama serta mampu menghadapi persaingan.

"Soalnya ini ya Somethinc itu sudah ditahap luncurkan apa pun itu orang stigmanya bagus gitu. Tapi itu nggak di-build (dibangun) dalam semalam. Tapi itu di-build dari setiap kita bikin produk itu benar-benar dipikirin, dibuat bagus. Ketika produk itu bagus, kita bukan hanya ngejar sales semata, tapi juga sustainability nya juga sih," jelasnya.

Lebih lanjut, keberhasilan bisnis juga dipengaruhi dengan tren penjualan secara online yang berkembang saat ini. Irene mengaku memanfaatkan momen besar dan bekerja sama dengan e-commerce, seperti Shopee untuk memberikan diskon untuk meningkatkan penjualan.

"Tentunya Shopee memiliki andil yang sangat besar dalam membantu kami menjangkau pangsa pasar yang lebih luas sehingga kami dapat mewujudkan komitmen untuk menyediakan produk kecantikan bagi beauty enthusiasts di seluruh Indonesia. Untuk memeriahkan kampanye 8.8 Grand Beauty & Fashion Sale kami telah menyiapkan sejumlah kejutan menarik, seperti Diskon s/d 55 persen dan Voucher sampai 140rb," pungkas Irene Ursula.

Rekomendasi