5 Sejarah Baru yang Tercetak di Ajang Miss Universe 2023

| 20 Nov 2023 14:00
5 Sejarah Baru yang Tercetak di Ajang Miss Universe 2023
Miss Universe 2023 (Instagram/missuniverse)

ERA.id - Miss Universe 2023 ternyata mencetak banyak sejarah baru bagi ajang kecantikan ternama tersebut. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Nicaragua menang untuk pertama kalinya

Miss Nicaragua Sheynnis Palacios (Instagram/missuniverse)

Ajang Miss Universe 2023 dimenangkan oleh Sheynnis Palacios, perempuan asal Nicaragua, negara di pusat Amerika Serikat. Dengan kemenangannya ini, Sheynnis mencetak sejarah sebagai perempuan Nicaragua pertama yang memenangkan Miss Universe.

Saat diumumkan sebagai pemenang, perempuan kelahiran 30 Mei 2000 ini dianugerahi mahkota oleh Miss Universe 2022, R'Bonney Gabriel.

2. Munculnya peserta 'plus size'

Jane Dipika (Instagram/missuniverse)

Pada Miss Universe 2023 ini untuk pertama kalinya hadir peserta perempuan dengan ukuran tubuh 'plus size'. Ia adalah Miss Nepal, Jane Dipika Garrett, yang mengundang perhatian khalayak.

Hadirnya Garret ini menggambarkan dirinya sebagai pendukung body positivity dan mematahkan streotip mengenai wanita cantik.

"Sebagai perempuan curvy yang tidak mengikuti standar kecantikan tertentu, saya di sini untuk mewakili semua wanita," kata Garret dilansir dari Mint.

3. Keikutsertaan transpuan

Miss Portugal Marina Machete (Instagram/missuniverse)

Pada tahun ini, Miss Universe juga mencetak sejarah dengan menghadirkan peserta yang merupakan seorang transpuan untuk pertama kalinya. Mereka adalah Miss Portugal, Marina Machete dan Miss Belanda, Rikkie Kolle.

4. Kehadiran pertama perempuan Pakistan

Setelah 71 tahun digelar sejak 1952 lalu, Pakistan akhirnya untuk pertama kalinya mengirimkan wakilnya di Miss Universe 2023. Ia adalah Erica Robin.

Kehadiran Erica Robin ini juga cukup mencuri perhatian publik, terlebih saat sesi swimsuit atau baju renang. Erica tampil dengan mengenakan pakaian tertutup, yakni kaftan warna pink pastel.

5. Peserta yang sudah menikah dan punya anak

Pada Miss Universe 2023 ini juga untuk pertama kalinya diperbolehkan ikut serta perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak. Dilansir dari Hola, dua di antara finalis sudah menikah dan punya anak, yang mana mereka adalah Miss Colombia Camila Avella dan Miss Guatemala Michelle Cohn.

Miss Colombia Camila Avella merupakan wanita yang sudah menikah dan memiliki satu anak. Sedangkan Miss Guatemala Michelle Cohn merupakan ibu dari dua orang anak.

Rekomendasi