4 Cara Sederhana Mencegah Keriput di Bibir Muncul Lebih Cepat

| 28 Feb 2024 11:30
4 Cara Sederhana Mencegah Keriput di Bibir Muncul Lebih Cepat
Ilustrasi kerutan di area bibir (Unsplash)

ERA.id - Keriput di area bibir dapat muncul pada siapa saja, terlebih pada orang yang banyak melakukan kebiasaan yang membuat bibir terlalu sering dikerucutkan, seperti kebiasaan merokok dan minum dari ujung bibir menggunakan sedotan.

Meski penuaan kulit di area bibir tak bisa kita hindari, tetapi ada beberapa cara untuk mencegah tanda-tanda penuaan bibir muncul lebih cepat. 

Kita dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi garis dalam kerutan bibir, yang semuanya dirancang untuk mengembalikannya elastisitas kulit sekitar bibir.

Cara mencegah keriput di bibir muncul lebih cepat

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah kerutan di area bibir datang lebih cepat. Mengutip laman New York Post, berikut beberapa tipsnya. 

1. Menggunakan skincare anti-penuaan

Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare seperti retinoid, asam hialuronat, dan vitamin C, B, dan E Ferulic. 

Menurut ahli bedah yang tergabung sebagai anggota American Society of Plastic Surgeons (ASPS), Lara L. Devgan, MD, ketiga bahan utama tersebut dapat bermanfaat mengurangi kerutan jika diaplikasikan secara rutin.

Produk lainnya termasuk retinol bakuchiol untuk meningkatkan pelapisan kulit dan meminimalkan garis-garis halus atau lip-glumping berbasis asam hialuronat yang dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus.

2. Perawatan di klinik kecantikan

Cara lain untuk mengurangi garis halus di area mulut dan bibir adalah kombinasi Botox dan filler. Botox dan filler suntik dalam dosis mikro yang sangat kecil dapat mengembalikan volume yang hilang di sekitar mulut dan menghaluskan garis-garis halus.

3. Mengurangi penggunaan otot bibir berlebihan

Dalam mencegah kerutan bibir muncul lebih cepat, Devgan menyarankan rutinitas perawatan kulit yang cermat dan menghindari hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan otot bibir terlalu sering. 

Hal ini termasuk mengerucutkan bibir, minum melalui sedotan, merokok, dan mengerutkan wajah.

4. Menghindari dampak buruk sinar matahari

Kerusakan kulit dan tanda-tanda penuaan juga dapat dipicu oleh dampak buruk paparan sinar matahari. Untuk itu, penggunaan sunscreen di area bibir dapat membantu mencegah keriput muncul lebih cepat.

"Menghindari paparan sinar UV dan nikotin akan membantu kualitas kulit secara keseluruhan," jelas Devgan.

Rekomendasi