4 Cara Sederhana Mencegah Stres Pasca Pemilu

| 19 Feb 2024 17:35
4 Cara Sederhana Mencegah Stres Pasca Pemilu
Cegas stres pasca pemilu (Pexel/Nathan Cowley)

ERA.id - Setelah Pemilihan Umum (Pemilu) berlangsung, seringkali ada banyak hal yang membuat masyarakat dan para calon merasa stres.

Hal ini bisa dipicu oleh rasa takut jika pihak yang didukung atau sebagai kandidat tidak terpilih atau bahkan di kehidupan kita banyak terjadi hal-hal yang yang tidak sesuai ekspektasi. 

Kendati begitu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari stres pasca pemilu. Berikut ulasannya dilansir dari Mental Health Partners.

1. Lakukan hal yang menyenangkan

Hasil dari pemilu biasanya disampaikan dalam waktu beberapa minggu setelah hari pemilihan. Selama waktu itu, lakukanlah hal yang membuat diri sendiri senang, seperti berpergian, olahraga, nongkrong bersama teman, dan lainnya.

2. Batasi penggunaan media sosial

Buatlah batasan dalam menggunakan media sosial setiap hari. Terlalu banyak terpapar persoalan tentang politik dapat memperburuk perasaan cemas dan menimbulkan stres.

Cegas stres pasca pemilu (Pexel/Nataliya)

3. Berkegiatan dengan komunitas

Untuk menghindari stres, bisa juga dengan melakukan berbagai kegiatan dengan komunitas, yang berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Seperti menjadi sukarelawan dalam kegiatan sosial, yang berpotensi membuat pikiran teralihkan dari politik.

4. Buat batasan obrolan mengenai politik

Perbincangan mengenai pemilu dan politik bisa saja memicu stres, terlebih jika lawan bicara tidak satu pemikiran dengan kita.

Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk memahami sudut pandang lain hingga memberikan batasan obrolan agar tidak terjadi perdebatan, dan jangan ragu bersikap tegas untuk memutus percakapan yang tidak diinginkan atau membuat tidak nyaman.

Rekomendasi