Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok agar Sehat dan Kuat

| 10 Aug 2024 21:00
Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok agar Sehat dan Kuat
Ilustrasi rambut dicatok (freepik)

ERA.id - Apakah Anda menginginkan memiliki rambut lurus indah tanpa harus khawatir rambut rusak? Memang menggunakan alat catokan praktis, tapi memiliki banyak efek. Lantas bagaimana cara merawat rambut yang sering dicatok?

Dengan perawatan yang benar, Anda tetap bisa menikmati tampilan rambut lurus tanpa mengorbankan kesehatan rambut. Artikel ini akan membahas tips dan trik merawat rambut Anda yang sering dicatok agar senantiasa sehat dan kuat.

Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok

  1. Frekuensi keramas

Jangan terlalu sering keramas karena hal tersebut dapat menghilangkan minyak alami rambut yang berfungsi sebagai pelindung. Lantas bagaimana? Cukup keramas 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan jenis rambut dan tingkat aktivitas.

  1. Pilih sampo yang tepat

Gunakan sampo yang lembut dan mengandung pelembap untuk menjaga kelembapan rambut. Selain itu, penting untuk menghindari sampo yang mengandung sulfat yang dapat membuat rambut kering.

Selalu gunakan shampo yang tepat dan cocok untuk rambut Anda (freepik)
  1. Gunakan kondisioner

Setelah Anda keramas, sebaiknya aplikasikan kondisioner secara merata pada batang rambut, hindari kulit kepala. Perlu diketahui, kondisioner akan membantu melembutkan dan menghaluskan rambut.

Baca juga artikel yang membahas Cara Agar Rambut Terlihat Basah dan Hitam

  1. Bilas hingga bersih

Pastikan semua residu sampo dan kondisioner terbilas dengan bersih agar tidak menyumbat pori-pori kulit kepala.

  1. Vitamin rambut dan Heat protection

Konsumsi vitamin rambut atau serum dapat membantu menutrisi dan memperkuat rambut dari dalam. Tips: pilihlah produk yang mengandung vitamin E, keratin, atau minyak alami seperti argan oil.

Jangan lupa selalu gunakan produk pelindung panas sebelum menggunakan catokan. Produk ini akan membentuk lapisan pelindung pada rambut sehingga mengurangi kerusakan akibat panas.

Cara penggunaan, Anda dapat mengaplikasikan vitamin rambut dan heat protection secara merata pada rambut yang masih lembap sebelum dikeringkan.

  1. Pilih Alat Catok yang Berkualitas

Yang paling penting adalah memilih catokan dengan pelat yang terbuat dari bahan berkualitas seperti keramik atau tourmaline. Bahan-bahan ini dapat menghasilkan panas yang merata dan tidak merusak rambut.

Perlu diketahui, catokan yang baik dan berkualitas memiliki pengaturan suhu yang dapat disesuaikan. Selain itu, ketika menggunakannya selalu pilih suhu yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Pastikan juga catokan Anda memiliki berbagai fitur tambahan. Beberapa catokan dilengkapi dengan fitur tambahan seperti ionik dan pelapis keramik yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan.

  1. Tips Lainnya

Selain beberapa tips di atas, agar rambut tidak rusak karena sering dicatok, perhatikan dan pertimbangkan untuk melakukan perawatan rambut berikut ini:

  • Masker rambut: Lakukan perawatan masker rambut secara teratur untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut.
  • Hindari mengikat rambut saat basah: Mengikat rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.
  • Potong rambut secara teratur: Memotong ujung rambut secara berkala dapat menghilangkan bagian rambut yang rusak.
  • Jaga pola makan sehat: Konsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral untuk mendukung kesehatan rambut dari dalam.
  • Hindari penggunaan styling produk berlebihan: Penggunaan styling produk yang berlebihan dapat membuat rambut menjadi berat dan lepek.

Selain merawat rambut yang sering dicatok, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi