Sejarah Hari Stretch Mark dan Upaya Lebih Mengenal Tubuh

| 19 Mar 2024 16:25
Sejarah Hari Stretch Mark dan Upaya Lebih Mengenal Tubuh
Ilustrasi stretch mark (unsplash)

ERA.id - Sejarah Hari Stretch Mark menjadi topik hangat, di balik kilau industri kecantikan yang sering mendoktrin kesempurnaan kulit.

Hari Stretch Mark, diperingati setiap tanggal 19 Maret setiap tahunnya, menjadi momen istimewa untuk merayakan realitas tubuh manusia dan menengok sejarah di baliknya.

Melalui artikel ini, mari kita selami kisah inspiratif tentang bagaimana Hari Stretch Mark lahir dan membawa pesan penting tentang cinta diri.

Sejarah Hari Stretch Mark

Bagi sebagian orang, stretch mark bisa menjadi tanda rasa malu dan sesuatu yang harus ditutupi. Hal tersebut yang menginisiasi Anya Harris seorang influencer dan aktivis body positivity untuk memperingati  Hari Stretch Mark sejak tahun 2019.

Meskipun demikian stretch mark sudah diketahui masyarakat berabad-abad sebelum Anya mendeklarasikan Hari Stretch Mark. Dilansir dari National Today, berikut linimasa hari stretch mark:

  • 1773

Pengakuan Pertama Stretch Mark: Roeder menjadi orang pertama yang mengenali stretch mark.

  • 1889

Deskripsi Pertama Stretch Mark: Troisier dan Menetrier menjadi pasangan pertama yang mendeskripsikan stretch mark.

  • 2019

Hari Nasional Stretch Mark Pertama: Anya Harris menetapkan Hari Nasional Stretch Mark yang pertama.

  • 2020-an

Gerakan ‘Embrace Your Body’: Gerakan cinta diri di seluruh dunia seperti ‘Embrace Your Body’ terjadi di seluruh penjuru dunia.

Mengapa Stretch Mark muncul?

Stretch mark biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan yang signifikan dan cepat. Perlu diketahui, kulit manusia hanya memiliki tingkat elastisitas tertentu berkat protein yang disebut kolagen di kulit yang membuatnya sehat.

Jadi, saat Anda bertambah berat badan dengan cepat, kulit akan cepat tertarik untuk menyesuaikan diri dengan pertumbuhan. Proses ini akan mengganggu produksi kolagen di kulit dan yang menyebabkan stretch mark.

Stretch mark biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan (unsplash)

Dengan demikian, stretch mark adalah jenis bekas luka yang disebabkan oleh peregangan yang memecah kolagen, dan kulit Anda kemudian mencoba menyembuhkan dirinya sendiri.

Munculnya stretch mark bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun bagi sebagian orang, dapat muncul berupa garis tipis yang panjang,  garis pendek yang tebal, dan bagi yang lain stretch mark bisa menjadi sekumpulan garis berwarna ungu.

Stretch mark bisa tebal, tipis, atau terlihat mencolok dan biasanya berwarna merah-ungu yang pada awalnya dan memudar seiring waktu hingga menjadi perak atau putih.

Lantas, bisakah kita menyembuhkan atau mencegah stretch mark? Sayangnya tidak ada obat pasti untuk stretch mark. Tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi munculnya stretch mark.

Beberapa cara mencegah stretch mark termasuk minum banyak air, makan makanan kaya nutrisi, melembabkan kulit secara teratur, dan berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Cara Memperingati Hari Stretch Mark

  1. Sebarkan kesadaran

Cara terbaik untuk merayakan Hari Peringatan Stretch Mark adalah dengan menyebarkan hal positif tentang stretch mark. Sebagai contoh, Anda dapat memposting opini Anda tentang stretch mark di media sosial.

  1. Bagikan cerita Anda

Apakah Anda termasuk orang yang menerima stretch mark Anda? Ini saatnya Anda menggunakan Hari Peringatan Stretch Mark Nasional sebagai kesempatan untuk berbagi cerita Anda dengan dunia.

  1. Periksakan diri ke dokter kulit

Anda dapat mengunjungi dokter kulit, untuk konsultasi seputar kesehatan dan menanyakan segala hal tentang stretch mark yang Anda miliki.

Selain sejarah hari stretch mark, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi