Operasi Hidung Open Rhinoplasty, Teknik Rekonstruksi Hidung yang Banyak Dipilih

| 23 Mar 2024 22:35
Operasi Hidung Open Rhinoplasty, Teknik Rekonstruksi Hidung yang Banyak Dipilih
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Amaregenmed)

ERA.id - Sebagian besar orang pasti menginginkan bentuk hidung mancung yang sempurna. Namun, tidak semua orang mempunyai hidung seperti itu. Salah satu cara untuk menjadikan hidung mancung tetapi terlihat alami yaitu rekonstruksi hidung dengan teknik operasi hidung Open Rhinoplasty.

Dr Kosit Ieochai atau yang dikenal sebagai Dr Benz, seorang dokter Spesialis Otolaryngologist, menjelaskan banyak keunggulan dan kegunaan operasi hidung dengan tehnik Open Rhinoplasty ini.

Mengenal Operasi Hidung Open Rhinoplasty

Menurut Dr Benz, Open Rhinoplasty atau yang disebut sebagai tindakan membuat hidung mancung, adalah sebuah prosedur operasi dengan tujuan rekonstruksi memperbaiki bentuk, ukuran, serta fungsi hidung agar terlihat lebih proporsional, menarik, serta sesuai dengan bentuk wajah seseorang.

Dokter asal Thailand ini menjelaskan operasi Open Rhinoplasty pada saat ini memang sedang jadi tren di kalangan rumah sakit atau klinik estetika/kecantikan.

"Banyak pasien yang datang ke saya ingin hidungnya dibuat lebih baik lagi setelah gagal pada beberapa operasi sebelumnya. Karena itu, saran saya, jika memang belum pernah operasi hidung atau hidungnya masih virgin lebih baik langsung melakukan operasi Open Rhinoplasty. Sebab sekali operasi hasilnya bisa langsung terlihat dan tidak harus bolak balik operasi," kata Dr Benz, di Jakarta, Jumat (15/3).

Namun, tidak semua dokter mampu menjalani teknik ini dengan hasil yang tepat dan memuaskan. Oleh sebab itu, Dr Benz menyarankan bagi siapa pun yang berminat agar mendatangi rumah sakit atau klinik yang dokternya dapat melaksanakan tindakan ini dengan baik dan benar.

"Operasi hidung kan tehniknya ada dua, open dan close. Tehnik open ini lebih baik dan tahan lama dan lebih sedikit risikonya daripada teknik konvensional atau close," jelas dokter yang membuka praktek di Masterpiece Hospital di Bangkok, Thailand tersebut.

Namun, Dr Benz melanjutkan, Open Rhinoplasty harus dilaksanakan oleh dokter berpengalaman. Sebab, teknik operasinya memang tergolong sulit. Oleh karena itu, jangan mudah percaya rumah sakit atau klinik yang menawarkan Open Rhinoplasty. Sebab jika salah operasi, berpotensi menimbulkan infeksi hingga hidung pasien rusak.

Biaya operasi Open Rhinoplasty juga tidak bisa dikatakan murah. Walaupun angka pastinya tidak disebutkan, Open Rhinoplasty ini menghabiskan biaya hingga ratusan juta rupiah. Namun, dr Benz mengatakan, biaya tersebut setara dengan hasil yang diterima pasien.

Lucinta Luna (Instagram @lucintaluna_manjalita)

Banyak Pasien Asal Indonesia

Dr Benz mengaku banyak didatangi pasien dari Indonesia. Bahkan, 25 persen dari total pasiennya berasal dari Indonesia setiap bulan. "Dari pada datang ke beberapa dokter dan harus beberapa kali operasi tapi hasilnya tidak maksimal, lebih baik keluarkan budget besar sekali saja tapi hasilnya sempurna. Bahkan, bisa cuma sekali saja melakukan operasi ini," jelasnya.

Lucinta Luna yang menyempatkan hadir dalam kesempatan tersebut juga mengaku makin percaya diri setelah hidungnya ditangani langsung oleh Dr Benz. Ia pernah beberapa kali operasi hidung sebelumnya, tapi hasilnya kurang memuaskan.

"Malah saya kena bully netizen se-Indonesia. Dibilang hidung pinokio-lah. Saya lalu tanya ke orang-orang di Bangkok, lalu saya disarankan datang ke Masterpiece ini yang punya dokter bagus," ungkap Lucinta Luna.

Namun, meskipun sudah sangat ingin operasi, ia harus menanti hingga enam bulan lamanya karena jadwal operasi Dr Benz yang penuh. Ia juga harus mengeluarkan kocek ratusan juta rupiah untuk memperbaiki bentuk hidungnya seperti saat ini.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi