Sudah Jadi Tradisi Putri Kerajaan, Berikut Manfaat Luluran untuk Kesehatan Kulit

| 15 Aug 2021 07:00
Sudah Jadi Tradisi Putri Kerajaan, Berikut Manfaat Luluran untuk Kesehatan Kulit
Ilustrasi face scrub (Unsplash/@kimzifi) luluran, lulur, manfaat lulur,

ERA.id - Tradisi luluran ternyata sudah dimulai sejak zaman kerajaan oleh para putri dan bangsawan. Luluran dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Di zaman modern ini, tradisi luluran bisa kita terapkan dengan mudah, termasuk untuk kulit wajah, dengan hadirnya face scrub.

Lulur tradisional dan face scrub sebagai lulur wajah modern memiliki banyak kemiripan. Perawatan lulur menggunakan bahan alami yang diaplikasikan ke kulit secara rutin, dua kali seminggu untuk badan, dan tiga sampai empat kali seminggu untuk wajah, memberikan banyak manfaat.

Hal ini sudah dirasakan dari generasi ke generasi, dan kini saatnya para perempuan juga menerapkan khasiat dari lulur tradisional ke kulit wajahnya, dengan produk face scrub dari ekstrak bahan alami yang memiliki banyak manfaat dan mudah didapatkan.

Berikut manfaat dari lulur tradisional yang juga bisa dirasakan dari lulur wajah modern atau face scrub, dikutip dari siaran resmi St. Ives.

1. Mengangkat sel kulit mati

Lulur berfungsi untuk membantu mengeksfoliasi sel kulit mati. Penggunaan sabun pembersih biasa hanya dapat menghilangkan kotoran yang menempel di kulit, namun tidak membantu mengangkat sel kulit mati serta membersihkan minyak berlebih hingga ke pori.

2. Mencerahkan kulit dan memberikan efek relaksasi

Butiran halus pada bahan lulur tradisional diyakini bisa membuat kulit kusam akibat lelah, menjadi lebih cerah. Jenis lulur yang biasa digunakan untuk kebutuhan ini salah satunya adalah lulur dengan bahan kopi.

3. Meregenerasi kulit untuk mencegah penuaan

Kulit perlu mendapatkan nutrisi agar bisa melakukan regenerasi dengan baik. Lulur sering dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ini, terutama karena kulit kerap terpapar dengan debu dan kotoran yang rentan merusak kesehatan kulit.

4. Meratakan warna kulit

Kulit tubuh terkadang menjadi belang setelah terpapar sinar matahari. Banyak perempuan yang menggunakan lulur untuk kembali menyamakan warna kulitnya agar sama seperti sebelumnya. Face scrub pun bisa membantu mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata, yang bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Rekomendasi