6 Rekomendasi Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit

| 28 Jan 2023 08:20
6 Rekomendasi Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit
Ilustrasi lulur alami untuk memutihkan kulit (freepik)

ERA.id - Sebagian orang ingin memiliki kulit yang putih, indah, dan sehat. Eksfoliasi dan menggunakan lulur secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendapatkannya. Tak harus beli sebab ada berbagai lulur alami untuk memutihkan kulit yang bisa dicoba.

Lulur alami dibuat dari bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah, bahkan beberapa bahan sudah ada di dapur Anda. Cara membuatnya juga tidak susah sehingga manfaat lulur bisa didapatkan oleh siapa saja.

Rekomendasi Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit

1. Lulur kunyit

Bubuk kunyit, salah satu bahan lulur alami untuk memutihkan kulit (freepik)

Kunyit merupakan rempah-rempah yang sudah dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kunyit mengandung banyak vitamin C yang bisa menyehatkan dan mencerahkan kulit.

Anda bisa memadukan kunyit dengan bahan-bahan tertentu untuk dijadikan lulur yang bisa memutihkan kulit. Bahan yang dibutuhkan adalah 100 gram gula, 2 sdt bubuk kunyit, dan minyak kelapa secukupnya.

Campurkan semua bahan tersebut dan Anda bisa menggunakannya sebagai lulur. Demi menghindari luka gores karena terdapat gula, gunakan lulur ini dengan mengoleskannya secara lembut.

2. Lulur beras dan lemon

Beras memiliki khasiatnya dalam merawat kecantikan kulit, antara lain mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Sementara, lemon memiliki vitamin C yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk membuat lulur ini, Anda hanya butuh 50 gram beras dan 1/2 buah lemon. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan beras (tetapi sisakan sedikit butiran kasarnya). Setelah itu, tuangkan beras ke wadah dan campurkan perasan air lemon ke wadah tersebut.

3. Lulur lemon dan gula

Kedua bahan ini juga mampu merawat kulit dan mengangkat sel kulit mati. Untuk membuatnya, Anda butuh 2 sdm gula pasir dan 1 buah lemon utuh.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda cukup mencampurkan gula tersebut dengan air perasan lemon. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya untuk luluran.

4. Lulur yoghurt

Yoghurt ternyata tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga untuk kesehatan kulit. Dikutip Era dari doktersehat, yoghurt mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, memudarkan nota hitam pada kulit, dan mencegah tanda penuaan. 

Untuk membuat lulur ini, Anda butuh 1 sdm yoghurt, 1 sdt madu, 3 sdm gula pasir, dan minyak zaitun secukupnya. Campurkan semua bahan tersbeut hingga membentuk pasta yang kasar. Jika teksturnya kurang sesuai, Anda bisa menambahkan lebih banyak yoghurt atau madu.

5. Lulur alpukat dan madu

Alpukat kaya akan antioksidan dan nutrisi lain yang baik untuk kulit. Sementara, madu mengandung zat antiseptik dan antiperadangan. Campuran kedua bahan ini tidak hanya bisa untuk lulur, tetapi juga masker wajah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lulur ini adalah 1/2 buah alpukat dan 3 sdt madu. Setelah mencapur kedua bahan tersebut, tambahkan sedikit gula pasir (sebagai lulur badan).

6. Lulur kopi

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi bisa mencegah munculnya garis halus dan penuaan dini. Selain itu, butiran lembut kopi bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Untuk membuat lulur ini, Anda butuh 125 gram bubuk kopi, 2 sendok makan air panas, dan 1 sdt minyak kelapa. Setelah mencampurkan semua bahan tersebut di dalam mangkuk, Anda bisa menggunakannya sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit.  

Rekomendasi