Mengenal Apa Itu Babakan Pule yang Disebut Punya Banyak Manfaat Kesehatan

| 11 Aug 2023 18:05
Mengenal Apa Itu Babakan Pule yang Disebut Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Ilustrasi pohon pule (situs resmi Ragunan Zoo)

ERA.id - Anda mungkin pernah mendengar khasiat babakan pule untuk kesehatan. Namun, sebenarnya apa itu babakan pule?

Kita bisa menelurusi maknanya dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI, arti kata “babakan” adalah kulit kayu yang dikubak dari batangnya. Dengan kata lain, babakan pule adalah kulit kayu pohon pule yang telah dikubak atau kupas dari batangnya.

Mengenal Apa Itu Babakan Pule

Babakan pule adalah istilah yang biasa digunakan dalam ramuan jamu untuk menyebut kulit batang pohon pule. Babakan pule disebut punya khasiat sebagai analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam).

Selain itu, batang pohon pule mengandung senyawa triterpen yang mampu menurunkan kadar gula darah. Babakan pule juga kadang digunakan sebagai obat demam akibat malaria.

Berdasarkan jurnal Kajian Etnobotani dalam Tradisi Minum Jamu Madura: Jamu Khusus Kesehatan Ibu dan Anak, babakan pule atau kayu pule disebut menjadi salah satu bahan untuk membuat jamu bersalin asal Madura.

Nama latin dari pohon pule adalah Alstonia scholaris (L.) R. Br. Pohon ini mudah tumbuh di dataran rendah dan pesisir pantai (sampai ketinggian 1000 mdpl). Persebaran pohon pule termasuk luas, yaitu Afrika, Amerika Tengah, Asia Selatan, Polynesia, New South Wales, Queensland, Australia Utara, Kepulauan Solomon, Malaysia, dan Indonesia.

Manfaat Pohon Pule

Dikutip Era.id dari Rumahcom, ada cukup banyak manfaat dari pohon pule. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Demam

Ilustrasi demam (pexels)

Demam bisa terjadi dalam waktu yang lama. Jika Anda ingin segera meredakan demam tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan kulit bagian pohon pule.

Anda bisa membuka kulit bagian luar (untuk mengambil bagian dalam), kemudian bersihkan, lalu direbus bersama bawang putih dan biji jinten yang telah dipecahkan. Minum air rebusan air tersebut setiap empat jam sekali.

2. Kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit lain. Anda bisa menggunakan rebusan daun pohon pule untuk memperlancar peredarah darah serta melarutkan kolesterol karena daun pohon pule mengandung lupeol asetat.

3. Lawan bakteri jahat

Kulit pohon pule mengandung banyak antimikroba. Ini bisa ampun membunuh bakteri jahat dan mengurangi infeksi.

4. Malaria

Malaria disebabkan oleh parasit plasomodium yang bisa tersebar dari gigitan nyamuk. Penyakit ini bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. Untuk mengobati malaria, Anda bisa memanfaatkan rebusan kulit pohon pule.

5. Ketombe dan kutu

Anda bisa memanfaatkan babakan pule untuk mengatasi masalah ketombe dan kutu di kepala. Potonglah kulit pohon pule, kemudian tumbuk hingga berubah jadi pasta.

Setelah itu, panaskan minyak wijen, lalu campurkan minyak itubabakan pule. Kemudian, saring campuran minyak tersebut dan oleskan pada kepala secara teratur.

6. Sakit gigi

Anda bisa meredakan rasa sakit pada sakit gigi dengan getah dari pohon pule. Cobalah campur getah pohon pule ke air hingga menjadi sebuah pasta. Setelah itu, rebus campuran tersebut hingga mendidih. Setelah dingin, oleskan cairan tersebut pada bagian gigi yang sakit.

7. Diare

Ekstrak etanol dan metanol di dalam babakan pule bisa mengurangi frekuensi buang air besar. Rasa mulas bisa berkurang karena babakan pule mengandung antinosiseptif.

Rekomendasi