Lindungi Kulit dari Radiasi Matahari, Inilah Jenis Sunscreen Cocok untuk Kulit Berminyak

Tim Editor

Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/ sosiukin)

ERA.id - Penggunaan sunscreen adalah hal wajib untuk dilakukan setiap hari. Tujuannya agar wajah tak terkena paparan radiasi sinar matahari secara langsung. Sayangnya, masih banyak yang malas untuk menggunakan sunscreen.

Sunscreen dipakai di wajah bisa melindungi dari sinar UV yyang membuat kulit kusam, penuaan dini, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Kali ini, dr. Claudia Christin, Medical Innovation Expert BeautyHaul menjelaskan pentingnya memakai sunscreen hingga jenis yang cocok bagi kulit berminyak.

Claudia mengatakan sunscreen adalah produk kecantikan yang wajib dimiliki bagi setiap orang. Tak hanya orang dewasa atau remaja, sunscreen juga aman bagi bayi tergantung dari pemakaian dan produknya.


"Jadi, sunscreen dibutuhkan semua orang, bahkan anak kecil di atas 6 bulan malah disarankan pakai sunscreen jika terkena matahari dalam jumlah besar. Jika ada matahari sangat disarankan pakai sunscreen. Nggak cuma melindungi dari matahari, ada concert yaitu kanker kulit. Sunscreen yaitu mencegah dari kanker kulit," ujar Claudia melalui acara virtual BeautyHaul pada Jumat (13/5/2022).

dr. Claudia Christin (Foto: Virtual Acara BeautyHaul)
dr. Claudia Christin (Foto: Virtual Acara BeautyHaul)



Lebih lanjut, Claudia juga menyarankan bagi pemilik kulit berminyak untuk memakai sunscreen jenis gel. Ia merekomendasikan bagi pemilik kulit berminyak memakai sunscreen Azarine jenis gel.

"Kalau yang berminyak aku saranin pake gel. Ada salah satu nih Azarine nih yang gel tak terasa berat dan aman. Bisa mulai dari sdekit demi sedikit. Jadi kalau baru beli, pakai semampu dulu," ucapnya.

Claudia memapaparkan cara tepat penggunaan sunscreen agar kulit mendapatkan perlindungan maksimal, yakni penggunaan sebanyak 2 ruas jari. Ketentuan ini sudah cukup untuk melindungi wajah dan leher dari sinar matahari.

"Sebenarnya ada alasan 2 ruas jari hanya estimasi. Kalau hanya 1 ruas jari bisa-bisa saja, tapi blend hanya sedikit. Padahal blendnya ditempat luas, kalau 2 jari itu pekat banget perlindungannya kalau 1 susah dan hanya tipis perlindungan," imbuhnya.

Selain itu, Claudia juga menyarankan agar sunscreen jangan tipis dan dipenuhi 2 ruas jari. Lalu, oles ke seluruh wajah hingga leher. Walau tak berada di bawah paparan matahari, Claudia tetap menganjurkan tetap memakai sunscreen.

"Dua ruas jari yang penuh bukan tipis-tipis ya. Itu tergantung berapa aktivitas, ada yang mikir outdoor itu nggak usah pakai. Di rumah aja nggak lagi di luar itu minyaknya bisa berkurang dari sunscreen atau pake kertas minyak dari proteksi sunscreen," paparnya.

"Aku sarankan reapply jam 12 siang, selain di pagi hari. Kalau mau berenang juga reapply, jadi bisa sesuaikan kegiatan masing-masing," lanjutnya.

Tag: produk kecantikan skincare Sunscreen

Bagikan: