Profil Marcel Radhival dan Alasan Dia Jadi 'Pesulap Merah' hingga Mengusik Gus Samsudin

Tim Editor

Marcel Radhival atau Pesulap Merah bersama Gus Samsudin.

ERA.id - Marcel Radhival sejak dulu sudah banyak diperbincangkan. Namun belakangan, julukannya sebagai Pesulap Merah, viral di mana-mana, usai berseteru dengan Gus Samsudin.

Marchel adalah Youtuber yang gemar membuat konten hiburan seperti membongkar trik-trik sulap dan jampi-jampi dalam dunia perdukunan yang kerap mengatasnamakan agama. Hal itu sebenarnya yang tak disukai oleh Marcel.

Contohnya, ya lihat saja sewaktu Marcel mengatakan pengobatan dari Gus Samsudin itu penipuan. Menurutnya, Gus Udin sudah membohongi pasiennya. Dari sini, kemudian masalah muncul dan nama Pesulap Merah jadi kesohor.


Profil Marcel

Marcel lahir pada 26 Agustus 1995. Usianya masih sangat muda. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya dari Wonogiri, Jawa Tengah, sementara ibunya dari suku Sunda dan Betawi.

Info itu disampaikan Marcel dalam video bertajuk Draw My Life yang diungggah ke YouTube beberapa waktu lalu. Di sana, dia bilang kalau hidupnya sederhana bahkan saat kecil sempat dikira tidak bisa bicara oleh neneknya.

Bagaimana tidak, sejak berusia tiga tahun, Marcel hanya bisa berkata "Baong" dari mulutnya. Namun, kekhawatiran neneknya berhenti, usai Marcel makin tumbuh dan akhirnya bisa bicara banyak kata-kata.

Dulunya Marcel adalah pencinta hewan, seperti ikan cupang dan ikan emas. Ketika tren memelihara hewan itu menurun, mata Marcel mulai tertarik dengan alat-alat sulap.

Dari sini, ia semain gandrung dengan dunia barunya itu. Menonton sulap, belajar dari buku, kemudian bergaul dengan komunitas sulap, membuat Marcel secara tidak langsung diakui sebagai pesulap andal oleh orang-orang sekitarnya ketika ia masuk di SMK.

Waktu itu, dia kerap diminta beraksi di acara sekolah. Merasa jalan sulap akan membawanya merengkuh rezeki, ia memberanikan diri mengikuti audisi di stasiun TV.

Tak disangka-sangka, dia lolos tahap audisi dan diajak syuting di studio. "Dari situ gue dapat penghasilan dari dunia sulap. Ya walaupun jumlah masih sangat sedikit, karena pada saat itu bayaran gue masih kecil banget. Bahkan kadang cuma dikasih nasi box doang," kata Marcel di salah satu video di channel YouTube-nya.

Sebab bayaran terbilang sedikit, Marcel nyambi menjadi pedagang jajanan, penjaga anak-anak di mal, agen asuransi, dan guru sulap anak-anak.

"Walaupun kerjaan gue gonta-ganti, tapi gue tetap konsisten belajar dunia sulap dan pada saat gue jadi karyawan ini gua sudah mulai belajar tentang rahasia perdukunan melalui artikel dan komunitas-komunitas paranormal," beber Marcel.

Cosplay dan rambut merah

Semakin hari, ia tertarik dengan dunia costume play (cosplay). Dia pikir, mengapa tidak kalau dirinya bergaya unik untuk menghibur penonton di atas panggung.

Akhirnya, dia membuat manajemen pertama di Indonesia yang menggabungkan sulap dan cosplay. Tak sampai di situ, Marcel menemui YouTuber Edho Zell di sebuah acara tv. Pertemuan itu mengarahkan Marcel untuk memanfaatkan YouTube.

Tak langsung besar, Marcel terus tekun mengunggah kontennya. Selama satu tahun di samping bekerja sebagai ojek online, Marcel akhirnya mendapat penghasilan pertamanya dari YouTube sebesar Rp1,3 juta.

Pada tahun ketiganya berkarya di YouTube, Marcel mendapat tawaran kontrak kerja sama dari sebuah layanan live streaming. Kanal YouTube Marcel kini telah mengunggah 308 video dan mempunyai 1,88 juta subscriber.

Di salah satu videonya, Marcel membuka rambut palsu atau wig merah yang melekat dari karakternya sebagai Pesulap Merah. Itu adalah bagian dari janjinya, apabila channel YouTube miliknya telah mencapai 1 juta subscriber.

"Jadi sebenarnya sosok di balik karakter Pesulap Merah ini enggak suka pakaian yang ribet-ribet begini. Pakaian seperti ini adalah bentuk profesionalitas gue untuk kamu semua agar nyaman dilihat dan agar lebih mudah diingat," terang dia.

Tag: marcel radhival pesulap merah gus samsudin sulap

Bagikan: