Profil Olvah Alhamid, Kemarin Berprestasi, Kini Diusir Warga Papua

| 11 Aug 2022 09:35
Puteri Indonesia Papua Barat 2015, Syarifah Olvah Bwefar Alhamid atau akrab disebut Olvah Alhamid.

ERA.id - Puteri Indonesia Papua Barat 2015, Syarifah Olvah Bwefar Alhamid atau Olvah Alhamid, diusir warga Papua Barat di sebuah pasar.

Olvah juga dimaki-maki. Saat makian mengarah kepadanya, Olvah langsung buru-buru masuk ke mobilnya. Dalam video berdurasi beberapa detik, perempuan yang memaki Olvah berteriak, kalau Olvah pernah menyindir orang Papua.

"Ko bilang kami orang Papua goblok to, ko yang goblok baru. Ko tidak layak di sini, ko pergi dari sini!" ujar perempuan berbaju kuning, sembari menunjuk Olvah.

Sebelum itu, si perempuan yang memaki Olvah, sudah menegur Olvah di pasar. Perempuan itu berbicara keras di atas motornya. "Jang ko bicara di media, ya. Ini kami ada ni!" katanya, dikutip dari video yang diunggah akun Twitter @odlavrsc, yang dilihat ERA pada Selasa (9/8/2022).

Pernah dituduh rasis

Desember 2021 silam, video Olvah yang bernuansa SARA pernah beredar. Saat itu Olvah mengarahkan kamera kepada sosok yang disebutnya berasal dari China.

Sosok itu mengenakan alat pelindung diri (APD) dan menyebut mereka pembawa penyakit. "Nih orang-orang China semua nih. Mereka takut lho, takut sama kita. Padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia. Hey China, China!" ucap Olvah, dilansir dari videonya yang kini beredar di TikTok.

Saat viral dan dihujat habis-habisan serta dituduh rasis, akhirnya Olvah menghapus video itu di Instagram-nya. Terakhir, dia pun mengklarifikasi dan mengaku salah.

"Saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya terhadap apa yang saya bilang di video itu, yang seharusnya tidak saya lakukan. Dan apapun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu," ujarnya pada video yang diunggah di Instagramnya.

Menariknya, usai meminta maaf, Olvah curhat bahwa perbuatannya di video tersebut didasari oleh sakit hatinya ketika dulu menghadapi rasisme dari ras lain di masa lalu.

"Hanya saja memang di masa lalu saya sering mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dan membuat luka terhadap saya, terutama dari ras-ras tertentu yang ada di Indonesia, khususnya ras China," pungkasnya.

Biodata

Dari berbagai sumber, berikut profil singkat Olvah dan sederet prestasinya yang membanggakan. Olvah lahir 24 Maret 1990. Pernah menjadi model asal Papua Barat, lalu menjadi pemenang kontes Puteri Indonesia Papua Barat 2015 dan mewakili Papua Barat meraih posisi 5 Besar di kontes Puteri Indonesia 2015.

Dari sana, dia mendapat penghargaan Puteri Intelegensia. Olvah juga pernah ditunjuk sebagai perwakilan Indonesia pada kontes Miss Eco Universe 2016 yang berlangsung di Mesir.

Olvah lahir di Papua Barat, tapi menghabiskan masa remajanya di pulau Jawa. Saat SMA, dia bersekolah di SMA Negeri 5 Surabaya, dan melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Indonesia dalam program dual degree bersama Universitas Groningen. Olvah juga fasih berbahasa Inggris, Spanyol dan Belanda.

Rekomendasi