Profil Rangga Sunda Empire: Mulai dari Kontroversi hingga Capaian di Dunia Hiburan

| 07 Dec 2022 12:05
Profil Rangga Sunda Empire: Mulai dari Kontroversi hingga Capaian di Dunia Hiburan
Lord Rangga (antaranews)

ERA.id - Warganet Tanah Air dihebohkan dengan kabar duka yang datang pagi ini. Lord Rangga dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 7 Desember 2022. Profil Rangga Sunda Empire pun menjadi sorotan.

Berdasarkan informasi yang beredar, Lord Rangga meninggal pagi tadi, sekitar pukul 05.30 WIB di Rumah Sakit Mutiara Bunda Tanjung, Brebes, Jawa Tengah. Kabar meninggalnya Rangga menjadi perhatian publik sebab orang tersebut sempat membuat heboh Indonesia beberapa tahun lalu.

Profil Rangga Sunda Empire

Lord Rangga merupakan julukan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia setelah dirinya membuat Indonesia heboh dengan berbagai kabar mengenai Sunda Empire. Namun, pemilik nama asli Edi Raharjo ini memperkenalkan diri kepada publik sebagai Ki Ageng Rangga Sasana.

Rangga lahir pada 12 September 1967 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dia merupakan lulusan Sekolah Pertanian Menengan di Baros tahun 1980-an.

Penyebab namanya melejit adalah pengakuannya sebagai petinggi Sunda Empire, kemudian diundang untuk menghadiri acara TV Indonesia Lawyers Club. Dalam acara yang digelar pada 21 Januari 2020 itu, Rangga menjadi salah satu narasumber.

Sebelum menjadi bagian dari Sunda Empire, Rangga pernah menjadi Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia, yaitu tahun 2011—2016. Ketika itu, dia diundang untuk menghadiri  jabatannya tersebut, Lord Rangga diundang untuk menghadiri acara talk show Soegeng Sarjadi Forum di TVRI.

Kontroversi Rangga Sunda Empire

Kelompok Sunda Empire (antaranews)

Tak sekali dua kali Rangga berbicara di hadapan publik untuk menunjukkan eksistensi Sunda Empire. Dia juga menyampaikan teori konspirasi mengenai tatanan dunia.

Dalam berbagai kegiatan yang dia lakukan untuk mempromosikan Sunda Empire, Rangga mengenakan seragam tertentu dengan pangkat-pangkat dan lambang-lambang tertentu. Setelah beberapa waktu membuat heboh masyarakat, Rangga ditangkap polisi.

Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama Nasri Banks yang disebut sebagai perdana menteri dan Raden Ratnaningsrum yang disebut sebagai Kaisar Sunda Empire. Orang-orang tersebut dinilai telah menyebarkan berita bohong dan dijerat dengan Pasal 14 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946, dakwaan pertama tentang tindakan menyiarkan berita bohong sehingga timbul keonaran.

Rangga kerap memopulerkan teori yang menjelaskan bahwa Sunda Empire memiliki posisi tinggi di mata dunia. Namun, salah satu yang menjadi sorotan, Rangga bukan merupakan orang Sunda. Dikutip Era dari Surya.co.id, Roy Surya yang merupakan pakar telematika pernah menyatakan bahwa Rangga Sasana tak tidak berdarah Sunda.

Capaian Rangga Sunda Empire

Rangga tak hanya memiliki kisah kontroversial. Setelah dia keluar dari penjara, dia mendapatkan tempat di dunia hiburan. Dia kembali menjadi bintang tamu di beberapa acara, salah satunya podcast Deddy Corbuzier.

Dia juga sempat menjadi bintang iklan yang menampilkan dirinya dengan seragam dan baret khasnya. Selain itu, dialog yang disampaikan oleh Rangga dalam iklan tersebut juga menggunakan gaya berbicara ketika dia mengaku sebagai petinggi Sunda Empire.

Tak berhenti di situ, pada tahun 2022, Lord Rangga dipilih untuk menjadi manajer klub Persab Brebes. Klub tersebut menggunakan jasa Rangga untuk mengarungi kompetisi Liga 3.

Itulah informasi mengenai profil Rangga Sunda Empire. Meski pernah membuat kehebohan dan membuatnya ditahan, Rangga mendapatkan tempat di hati sebagian masyarakat karena dianggap memberikan hiburan. 

Rekomendasi