Arti Memakai Cincin di Jari Tangan Ternyata Tidak Hanya Soal Pernikahan

| 29 Jan 2023 20:05
Arti Memakai Cincin di Jari Tangan Ternyata Tidak Hanya Soal Pernikahan
Arti memakai cincin di jari tangan (Freepik)

ERA.id - Memakai cincin di jari dapat memiliki berbagai arti yang berbeda tergantung konteks dan budaya yang berlaku. Artikel ini akan membahas beberapa arti memakai cincin di jari tangan.

Dilansir dari The Coolist, tidak hanya untuk kepentingan fashion, makna memakai cincin bisa berubah tergantung pada jari yang dipakai. Jari manis merupakan jari yang paling umum digunakan untuk mengenakan cincin.

Memakai cincin di jari manis secara historis merupakan simbol status perkawinan atau hubungan, tetapi tangan yang dipilih tersebut tergantung pada budaya atau kebiasaan.

Arti Memakai Cincin di Jari Tangan Secara Umum

Namun, terdapat beberapa arti umum yang dikaitkan dengan memakai cincin di jari tangan berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Status pernikahan

Di beberapa budaya, memakai cincin di jari manis tangan kanan menunjukkan bahwa seseorang telah menikah. Cincin pernikahan biasanya dikenakan di jari ini.

  1. Status sosial

    Memakai jari bisa menandakan status sosial (Freepik)

Memakai cincin berlian atau cincin emas mewah di jari tangan dapat menunjukkan status sosial atau kekayaan seseorang.

  1. Simbol spiritual

Beberapa agama atau keyakinan spiritual menganggap cincin sebagai simbol spiritual atau simbol yang berkaitan dengan Tuhan atau kekuatan spiritual tertentu.

  1. Kepribadian

Beberapa orang memakai cincin di jari tangan untuk mengekspresikan kepribadian atau minat mereka, seperti cincin dengan simbol tertentu atau cincin dengan warna tertentu.

  1. Fashion

    memakai cincin juga menjadi fashion dan trend (Freepik)

Memakai cincin di jari tangan juga bisa digunakan sebagai aksesori fashion, tanpa harus memiliki arti yang spesifik.

Beberapa makna di atas hanyalah beberapa arti umum yang dikaitkan dengan memakai cincin di jari tangan. Arti yang sebenarnya mungkin berbeda-beda dari individu ke individu dan dapat dipengaruhi oleh budaya, tradisi, dan keyakinan yang berlaku.

Pada budaya pop modern mengharuskan Anda untuk menemukan cincin yang paling berkilau dan menyematkannya di jari mana pun yang paling pas.

Meskipun penempatan cincin mungkin terlihat acak, Anda bisa saja secara tidak sengaja mengirimkan pesan yang salah kepada seseorang, atau melewatkan simbolisme penting di balik penempatan jari manis.

Makna jari manis berkisar dari takhayul hingga adat istiadat masyarakat dan bisa jadi sulit untuk menentukan arti penempatan cincin. Untuk menguraikannya, kita akan menelusuri satu per satu jari dan membahas adat istiadat yang paling umum dari berbagai budaya besar.

Arti Memakai Cincin di Tangan kiri, kanan, dan Jari Tengah

Tangan kiri dan kanan memiliki tiga arti yang berbeda. Pertama, tangan kiri dan kanan sama-sama melambangkan pernikahan. Di seluruh dunia, memegang tangan seseorang dalam pernikahan melambangkan tindakan bergabung bersama. Pilihan tangan kiri atau kanan tergantung pada wilayah tempat pertunangan berlangsung.

Kedua, tangan kiri dan kanan memiliki makna spiritual. Tangan kanan melambangkan niat baik sedangkan tangan kiri melambangkan niat jahat. Misalnya, jalan tangan kanan versus jalan tangan kiri.

Ketiga, tangan kanan adalah tangan "tindakan" sedangkan tangan kiri adalah tangan "berpikir". Sebagai contoh, ada anggapan bahwa orang kidal lebih cerdas.

Sementara itu memakai cincin di jari tengah melambangkan keseimbangan dan kebijaksanaan. Jari tengah membagi tangan secara merata untuk mewakili keseimbangan di kedua sisi.

Selain itu, jari tengah terhubung dengan kebijaksanaan Saturnus dalam astrologi dan seni ramal tapak tangan. Saturnus mewakili tindakan menciptakan batas dalam astrologi dan jari tengah menciptakan batas antara empat jari lainnya.

Selain  arti memakai cincin di jari tangan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi