Ini Alasan Mengapa Orang Korea Makan Pakai Sumpit Logam?

| 10 Feb 2023 08:35
Ini Alasan Mengapa Orang Korea Makan Pakai Sumpit Logam?
Ilustrasi sumpit logam Korea (Unsplash/Karamel)

ERA.id - Negara-negara Asia Timur memiliki kebiasaan makan memakai sumpit. Namun orang Korea memakai sumpit berbahan logam, berbeda dengan sumpit kayu yang digunakan di China dan Jepang. Mengapa orang Korea makan pakai sumpit logam?

Populernya K-drama atau drama Korea membuat budaya Korea semakin dikenali banyak orang. Salah satunya yang mudah diingat adalah kebiasaan makan pakai sumpit. Namun jika diamati, sumpit yang digunakan tidaklah berbahan kayu, namun terbuat dari logam. Bentuknya pun tidak bulat seperti sumpit biasanya, melainkan berbentuk pipih dengan hiasan.

Apabila penasaran seperti apa bentuknya, Anda bisa coba datang ke resto Korea yang kini tersebar di berbagai kota. Di balik keunikan tersebut, muncul pertanyaan mengapa orang Korea memakai sumpit berbahan logam bukannya kayu atau bambu?

Ilustrasi sumpit Korea (Unsplash/Selamat Makan YQR) 

Fakta Orang Korea Makan Pakai Sumpit Logam

Penggunaan sumpit logam di Korea memiliki sejarah panjang jika ditarik dari awal mulanya. Selain itu, penggunaan sumpit logam juga memiliki makna sebagai simbol dan fungsinya. Berikut sejumlah fakta-fakta sumpit logam di Korea.

Sejarah Penggunaan Sumpit Logam di Korea

Orang-orang Korea mulai menggunakan sumpit berbahan logam pada sekitar tahun 523. Informasi sejarah tersebut berasal dari temuan sumit di dalam makam Raja Muryeong dari Baekje yang wafat di tahun yang sama.

Pada masa itu, sumpit logam merupakan alat makan keluarga kerajaan atau bangsawan saja. Sejarawan berpendapat selama masa tersebut penduduk biasanya hanya makan menggunakan tangan tanpa bantuan alat makan. Di samping itu, Korea memang terpengaruh oleh negara tetangga, salah satunya China. Sendok dan sumpit ditemukan pertama di China hingga kemudian diperkenalkan di China.

Dulunya sendok dan sumpit digunakan secara berbeda. Sendok dipakai ketika makan bubur atau sup. Sementara sumpit hanya digunakan untuk menyantap makanan lainnya.

Mengapa Sumpit di Korea Berbahan Logam?

Sumpit yang umum dikenali adalah berbahan kayu atau bambu. Sumpit berbahan logam yang digunakan di Korea tentunya menimbulkan rasa penasaran. Namun tidak diketahui pasti mengapa masyarakat Korea sejak zaman dulu menggunakan sumpit dari logam.

Ada banyak teori terkait alasan penggunaan sumpit berbahan logam oleh orang Korea. Sampai sekarang, sumpit bahan logam tetap digunakan oleh masyarakat Korea. Sumpt khas ini negeri gingseng ini juga mudah ditemui ketika makan di restoran-restoran Korea yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sebagai Simbol Status

Korea Selatan menyimpan sejarah panjang keluarga kerjaan sejak periode Tiga Kerajaan. Kebiasaan atau cara hidup raja pun menjadi adat istiadat dan simbol tersendiri. Penggunaan sumpit dan sendok pun tak terlepas dari hal itu.

Penggunaan sumpit dan sendok logam berkaitan erat dengan simbol kekayaan dan status. Apabila pernah diberi sumpit logam maka orang tersebut dianggap sebagai tamu yang istimewa. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan sumpit logam sudah menjadi hal biasa di kalangan masyarakat umum.

Menjaga Kebersihan dan Keamanan

Ada alasan kebersihan dan keamanan dalam penggunaan sumpit berbahan logam. Alat makan dengan bahan logam lebih mudah dibersihkan dibanding yang berbahan kayu atau plastik.

Selain itu, jika ditarik dari sejarah, sumpit logam digunakan oleh kalangan bangsawan untuk mendeteksi makanan beracun. Ada teori yang menyebutkan bahwa sumpit perak akan berubah warna apabila terkan makanan yang mengandung racun.

Itulah mengapa sumpit logam menjadi alat keamanan bagi keluarga kerajaan. Mengingat sejarah kerajaan-kerajaan selalu terjadi persaingan dan perebutan kekuasan. Upaya pembunuhan kerap dilakukan dengan cara menaruh racun pada makanan atau minuman musuh.

Mengapa Sumpit Korea Datar?

Sumpit Korea memiliki bentuk datar juga bukan tanpa alasan. Sumpit berbentuk datar konon dimaksudkan untuk memudahkan saat memegang makanan. Pembuatan sumpit Korea juga mirip dengan produksi garpu atau sendok. Sumpit terbuat dari lembaran baja tahan karat. Apabila dibentuk bulat, maka dibutuhkan langkah tambahan serta bahan mentah dan tenaga kerja, sehingga bisa menambah biaya produksi.

Demikianlah ulasan mengenai mengapa orang Korea makan pakai sumpit logam. Ternyata penggunaan sumpit logam di Korea memiliki sejarah panjang sejak zaman kerajaan. Selain itu, sumpit logam juga memiliki makna simbolis dan ditujukan untuk fungsi saat makan. Kalau Anda, lebih suka pakai sumpit logam apa kayu?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi