Viral Seorang Pelanggan Ditegur Karena Makan Sushi Pakai Tangan, Haruka JKT48: Paling Benar Pakai Tangan

| 09 May 2023 18:40
Viral Seorang Pelanggan Ditegur Karena Makan Sushi Pakai Tangan, Haruka JKT48: Paling Benar Pakai Tangan
Tangkapan layar potongan video yang viral.

ERA.id - Baru-baru ini netizen sedang ramai membahas video viral seorang pelanggan di sebuah restoran yang ditegur karena menyantap sushi pakai tangan. Ia diminta untuk menggunakan sumpit sesuai budaya orang Jepang.

Dalam video amatir berdurasi singkat yang disebarkan akun TikTok @paniweh tersebut, tampak seorang pria sedang menikmati sushi bersama seorang perempuan. Pria itu lalu mengambil sepotong sushi dengan tangan dan melahapnya.

"Bang maaf Bang, makan sushi gak boleh pake tangan. Harus pake sumpit," tiba-tiba terdengar suara pria lain menyelanya. 

"Kenapa?" tanya pelanggan tadi sambil mengunyah sushi di mulut dan berusaha menelannya.

"Soalnya culture-nya ikut jepang sih di sini Bang, karena di Jepang pakai sumpit, di sini juga harus ngikutin Bang," jawabnya.

"Gak boleh pake tangan?" pelanggan tadi membalas.

"Gak boleh," jawabnya singkat. Pelanggan tadi lalu mengambil sumpit di atas meja sambil tersenyum.

Banyak netizen lalu merespon video itu sambil menyindir orang yang menyuruh makan sushi dengan sumpit.

"Sekalian kak, suruh restonya pake bahasa Jepang, krn di Jepang pakek bahasa Jepang gitu," komentar akun Twitter @flka***.

"Yang negur itu gabut apa gimana ya? I mean energi dia banyak banget loh sampai meluangkan waktunya, effortnya, untuk negur orang yang belum tentu salah," balas akun @glitterycas***.

"Udah paling bener pesen aja take away trs makan dirumah bebas caranya gimana," timpal akun @vitwnty***.

Sementara itu, netizen lain membagikan potongan video wawancara Haruka eks JKT48 bersama Enzy Storia di kanal Youtube KUY Entertainment. Dalam video tersebut, Enzy bertanya bagaimana sebetulnya cara makan sushi di Jepang.

Perempuan asli Jepang itu lalu menjawab, "Karena kalau sushi itu sebenarnya emang paling benar itu pakai tangan. Karena lebih enak katanya." Namun, karena kemudian banyak yang tidak mau pakai tangan, akhirnya ada juga yang memakai sumpit.

Ia menambahkan bahkan di beberapa restoran Jepang yang otentik, chef sushi di sana meminta pelanggannya untuk menyantap sushi buatan mereka langsung dengan tangan. "Ngikutin chefnya, karena chefnya maunya gitu," ucap Haruka. 

Rekomendasi