Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah, Menawarkan Nilai Lokalitas

| 11 Aug 2023 22:05
Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah, Menawarkan Nilai Lokalitas
Peringatan 17 Agustus (Freepik)

ERA.id - Setiap memasuki bulan Agustus, nuansa merah putih menghiasi setiap tempat baik itu, di rumah-rumah, gedung, hingga jalan. Di bulan ini masyarakat Indonesia merayakan hari peringatan kemerdekaan RI dengan cara mengadakan berbagai acara meriah. Tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah di tanah air menarik untuk diikuti. 

Peringatan hari Kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan dengan upacara bendera dan pembacaan teks proklamasi. Dalam rangka memeriahkan momen agustusan, masyarakat di menggelar kegiatan unik dan seru seperti perlombaan, pawai atau festival, pameran, budaya lokal, dan lainnya. Lantas apa saja tradisi unik 17 Agustus?

Peringatan 17 Agustus (Freepik)

Tradisi Unik 17 Agustus di Berbagai Daerah di Indonesia

Dengan beragamnya suku dan budaya di Indonesia, masyarakat di setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam merayakan HUT RI. Setiap tradisi yang digelar menawarkan nilai lokalitas yang dibalut dengan perlombaan, acara sykuran, dan lainnya. 

Berikut ini daftar tradisi unik memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang perlu Anda tahu:

Lomba Sampan Layar (Batam)

Lomba Sampan Layar diadakan dalam rangka perayaan rakyat setiap bulan Agustus. Event ini sudah berlangsung sejak tahun 1965. Keistimewaan Lomba Sampan Layar terletak pada pesonanya yang ditampilkan melalui layar berwarna-warni yang digunakan oleh para peserta.

Acara ini diikuti oleh warga Kepulauan Riau dari berbagai pulau. Lomba ini mendapatkan popularitas yang signifikan hingga ke tingkat internasional, terutama di negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Pacu Kude (Aceh)

Tradisi pacuan kuda yang khas dari Aceh diselenggarakan di Kabupaten Aceh Tengah. Pacu Kude merupakan perhelatan meriah yang menarik ribuan penonton.

Dikutip dari situs Kemendikbud, Pacu Kude telah menjadi bagian dari Aceh sejak tahun 1850. Seiring berjalannya waktu, acara ini telah berkembang menjadi bentuk olahraga tradisional dalam pacuan kuda dan tetap diadakan. Setelah kemerdekaan, Pacu Kude menjadi salah satu hiburan dalam rangka peringatan 17 Agustus. Acara ini digelar dalam skala besar dan menarik minat baik dari turis lokal maupun mancanegara.

Lomba Dayung (Banjarmasin)

Lomba Dayung sudah menjadi bagian dari tradisi di Sungai Martapura, Banjarmasin sejak tahun 1924. Perahu tradisional suku Banjar yang disebut jukung dipakai dalam perlombaan ini.

Perlombaan ini berfungsi sebagai sarana hiburan untuk merayakan hari kemerdekaan. Tidak hanya sebagai hiburan semata, perlombaan ini juga menjadi ajang untuk mengenali dan mengapresiasi kemampuan pendayung-pendayung berbakat. Acara ini biasanya diikuti oleh warga tidak hanya dari Kalimantan Barat, tetapi juga dari provinsi tetangga.

Tirakatan (Jawa)

Tirakatan adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, dalam rangka memperingati 17 Agustus. Tirakatan merupakan wujud ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia.

Tirakatan dijalankan setiap tahun pada malam tanggal 16 Agustus. Masyarakat berkumpul untuk merayakan dan menjalin silaturahmi.

Peresean (Lombok)

Peresean adalah seni tradisional yang berasal dari masyarakat Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurut informasi dari situs Kemenparekraf, Peresean adalah tarian pertarungan yang dijalankan oleh para pepadu (jagoan), yakni kaum pria.

Dalam tarian ini, pepadu menampilkan kecakapan mereka dengan menggunakan alat pukul dari rotan dan tameng dari kulit. Pertunjukan ini umumnya diadakan dalam perayaan besar seperti peringatan kemerdekaan dan juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Telok Abang (Palembang)

Telok Abang adalah sebutan untuk telur yang dicat merah dan dimasukkan ke dalam mainan tradisional yang terbuat dari bahan gabus. Bentuk-bentuk seperti kapal laut, pesawat terbang, dan kereta kerap dihasilkan dari bahan tersebut.

Mainan ini biasanya muncul menjelang peringatan kemerdekaan pada bulan Agustus. Tradisi penjualan mainan telur merah ini menjadi unik dan hanya ditemukan di kota Palembang.

Pawai Jampana (Bandung)

Kota Bandung, yang terletak di Jawa Barat, mempunyai tradisi kemerdekaan yang khas dengan Pawai Jampana.

Pawai Jampana merupakan perayaan yang menghadirkan berbagai hasil bumi, makanan, dan kerajinan masyarakat setempat dalam sebuah prosesi. Salah satu hal yang unik adalah warga bisa berpartisipasi dalam perlombaan untuk merebutkan barang-barang yang dibawa dalam prosesi tersebut.

Demikianlah tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah memenyelenggarakan acara yang berbeda-beda menawarkan nilai-nilai lokalitas masing-masing. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi