Dikecam Habis-habisan Pakai Fasilitas Umum 'Nge-driting', Bobby Jawab Tegas: Untuk Promosi Kota Medan

| 30 Jul 2022 17:58
Dikecam Habis-habisan Pakai Fasilitas Umum 'Nge-driting', Bobby Jawab Tegas: Untuk Promosi Kota Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat melangsung driting bersama pembalap Akbar Rais. (Ilham/ERA).

ERA.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution angkat bicara usai dirinya mendapat berbagai kecaman dari warga Medan dan DPRD Medan terkait aksi drifting yang memakai fasilitas umum.

Bobby menyampaikan beberapa poin utama untuk meluruskan kecaman yang dialamatkan kepada dirinya. Pertama, kata dia, drifting tersebut telah mendapat izin dari pihak kepolisian.

Menantu Presiden Joko Widodo itu menyebut Polrestabes Medan melalui Satuan Lalu Lintas telah mengeluarkan izin untuk penggunaan jalan umum di beberapa titik termasuk alun-alun Kota Medan di Jalan Balai Kota.

Kedua, Bobby menyebut aksi drifting itu dilakukan saat kondisi lalu lintas dalam keadaan sepi atau tepatnya dilakukan di malam hari.

"Jalannya sudah ditutup, dilakukan di malam hari tidak menyalahi aturan dan lain-lain, dan izin dari Polres juga udah keluar," terangnya saat ditanyai awak media di Taman Cadika Johor, Kamis (29/7/2022).

Bobby juga menjelaskan bahwa drifting itu dilakukan untuk mengambil beberapa adegan untuk kebutuhan film. Dia menilai hal itu bisa menjadi ajang promosi wisata di Kota Medan.

"Intinya itu untuk kebutuhan syuting dengan mengusung konsep drifting bukan kegiatan balapan. Sekaligus untuk mempromosikan Kota Medan, daerah, bahkan negara," katanya.

Seperti diketahui, fasilitas umum seperti jalan di Medan saat ini tengah menjadi sorotan. Seperti kegiatan para remaja dan anak-anak yang meniru Citayam Fashion Week yang digelar di zebra cross persimpangan Jalan Kesawan menuju Jalan Balai Kota. Mereka kemudian menamakan kegiatan itu dengan Medan Fashion Week.

Kemudian, para pengendara skuter matik yang kerap berkendara menikmati bangunan bersejarah di Medan dengan mengelilingi alun-alun Kota Medan.

Kedua kegiatan itu, Medan Fashion Week dan pengendara skuter matik mendapat larangan dari pihak kepolisian karena dianggap mengganggu lalu lintas dan belum mengantongi izin.

Bobby juga turut menanggapi kegiatan tersebut. Dia meminta agar sesama pengguna fasilitas harus saling menghargai.

"Yang pasti kita sesama pengguna fasilitas yang diberikan oleh pemerintah harus saling menghargai," pungkasnya.

Sebelumnya, partisipasi Bobby pada driting tersebut viral di media sosial. Dia terlihat mencoba merasakan sensasi driting dengan pembalap Akbar Rais.

Mereka melakukan aksi itu di seputaran alun-alun Kota Medan (Lapangan Merdeka Medan, red), pada Senin (25/7/2022) malam. Aksi itu juga ditonton puluhan masyarakat Kota Medan tanpa pengamanan.

Rekomendasi