Kominfo Keluarkan Dua Seri Perangko Design Keraton Kasunanan Surakarta dan ASEAN Para Games

Tim Editor

Plt Direktur Pos Ditjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Gunawan Hutagalung menjelaskan tentang perangko yang dilaunching dalam rangka ASEAN Para Games 2022, Solo, Kamis (4/8/2022). (Amalia/ ERA)

ERA.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengeluarkan perangko dengan design terbaru, yakni design Keraton Kasunanan Surakarta dan design ASEAN Para Games. Seri keluaran perangko teranyar ini bertujuan untuk menyemarakkan ASEAN Para Games 2022 yang dilaksanakan di kota Solo.

Hal ini disampaikan oleh Plt Direktur Pos Ditjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Gunawan Hutagalung saat jumpa pers di Balai Kota Solo, Kamis (4/8/2022). Gunawan mengatakan tiap bulan Pokja Perangko menerbitkan design baru.

"Bulan ini diterbitkan dua desain, pertama yakni design prajurit keraton Kasunanan Surakarta dan kedua design ASEAN Para Games 2022," katanya.


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa saat ini perangko menjadi apresiasi budaya. Sejauh ini sudah ada  banyak design perangko seri budaya yang dimiliki.

"Makanya kita patut bangga Solo menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN Para Games ini. Makanya kami apresiasi dengan membuat perangko seri APG ini," katanya.

Seri ini akan dijual dengan harga Rp5 ribu. Perangko seri ini bisa dibeli di masing-masing Kantor Pos di Indonesia. Hingga saat ini untuk design perangko seri keraton yang terdistribusi ada 450 ribu keping. Sementara untuk design ASEAN Para Games 2022 yang sudah terdistribusi ada 30 ribu keping.

Untuk launching perangko ini, akan dilakukan kirab oleh Wali Kota Solo yang sekaligus Ketua Indonesian National Paralympic Organizing Comittee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Sementara itu ditambahkan oleh Pimpinan Visual Image EO, Totok mengatakan untuk launching perangko ini akan dilakukan kirab dari Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta hingga Balai Kota Solo. Kirab ini kemudian diakhiri dengan penandatanganan perangko oleh Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka.

”Kirabnya dimulai besok, Jumat (4/8/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Kami perkirakan kirabnya selesai sekitar pukul 16.30 WIB,” katanya.

Tag: perangko Kasunanan Surakarta asean paragames

Bagikan: