Selama Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, Okupansi Hotel Naik Tajam

Tim Editor

Ilustrasi Swiss Belin Saripetojo Hotel, Solo yang okupansinya penuh selama pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, Solo, Jumat (5/8/2022). (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Tingkat okupansi hotel di Solo Raya pada pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 mencapai 90 persen. Tingginya okupansi ini hampir merata di seluruh hotel.

Hal ini disampaikan oleh Humas Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo Sistho A Sreshtho pada Kamis (4/8/2022). Gelaran ASEAN Para Games tersebut berdampak pada meningkatkan okupansi hotel di wilayah Solo Raya secara signifikan.

"Pada empat hari pertama di bulan Agustus saja, okupansi hotel sudah mencapai 90 persen," ucapnya.


Dalam gelaran ASEAN Para Games ini melibatkan sebanyak 1400-an atlet, 630 official, 1.000-an perangkat pertandingan hingga 530an panitia. "Dari data ini hampir semua menginap di hotel. Masih belum soal food and beverages-nya," ucapnya.

Saat ini Sistho mencatat, untuk kondisi normal okupansi hotel di Solo Raya berada di angka 69-70 persen. Angka ini kemudian mengalami kenaikan dibandingkan pada kondisi awal pandemi Covid-19. Di tahun 2020 okupansi hotel hanya berada di angka 25 persen dan di tahun 2021 di angka 40 persen.

"Angka ini bergerak naik karena sektor pemerintahan sudah mulai masuk. Kalau dilihat pada empat hari pertama di bulan Agustus 2022, okupansi hotel sudah 90 persen. Angka ini melebihi okupansi sebelum pandemi," katanya.

Ia berharap Pemkot Solo bisa terus menggalakkan event seperti ASEAN Para Games 2022 ini. Sehingga okupansi hotel bisa terus bertahan tinggi di wilayah Solo Raya.

"Acara semacam ini berpotensi meningkatkan progres dari segi pariwisata," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Gembong Hari Wibowo mengatakan bahwa event ASEAN Para Games 2022 ini membangkitkan potensi pariwisata di kota Solo. Khususnya sport tourism.

"Saat ini kami mencoba membuat paket wisata yang ada sport tourism. Dimana salah satunya sport tourism menjadi tujuan," katanya.

Kami juga pernah menulis soal Kominfo Keluarkan Dua Seri Perangko Design Keraton Kasunanan Surakarta dan ASEAN Para Games Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Tag: okupansi hotel ASEAN Para Games apg solo

Bagikan: